Senin, 23 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Kirim Narkoba Jenis Baru Efek 10 Kali Ganja, Pelaku Tak Bisa Ditahan

22 Agustus 2019, 20: 46: 55 WIB | editor : Perdana

Jajaran Polres Sragen saat rilis kasus narkoba

Jajaran Polres Sragen saat rilis kasus narkoba (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Polres Sragen menemukan narkoba jenis baru dengan efek super dahsyat saat melakukan penangkapan dua pelaku kasus narkoba beberapa waktu lalu. Sayangnya, jenis narkoba itu belum masuk daftar obat-obatan terlarang di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

Alhasil, polisi tak bisa menahan tersangka yang kedapatan membawa narkoba jenis tersebut. Awalnya, polisi menduga paket yang ditemukan bersamaan dengan penangkapan Doni Hendrawan, 22, dan Brillian Yonsu Made Al-Kautsar, 19, adalah jenis tembakau Gorila.

Namun, setelah dilakukan uji laboratorium ternyata merupakan jenis narkoba baru dengan efek sangat kuat. Dari pengamatan barang bukti, bentuknya seperti daun tembakau yang sudah dikeringkan dan terbungkus plastik.

”Setelah uji lab, ternyata bukan termasuk jenis narkoba dalam daftar kementerian. Padahal efeknya 10 kali lebih kuat daripada ganja,” terang Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan Kamis (22/8).

Kapolres menyampaikan kedua tersangka sempat diamankan. Namun, karena barang yang dimiliki belum masuk daftar peraturan menkes (Permenkes), maka hanya dikenai wajib lapor. 

”Belum ada nama spesifik untuk menyebut jenis narkoba itu. Unsur kimia yang 5F-PY-PICA, belum masuk daftar. Tapi, kami sudah komunikasikan ke Polda Jateng,” pungkas Yimmy. (din/ria)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia