Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Muncul Vandalisme “Papua Merdeka” di Bangunan Distro di Solo

22 Agustus 2019, 22: 33: 10 WIB | editor : Perdana

Bekas vandalisme di bangunan distro yang telah ditutup cat putih

Bekas vandalisme di bangunan distro yang telah ditutup cat putih (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Vandalisme bertuliskan “Papua Merdeka” ditemukan tergambar di dinding rumah warga di Jalan dr Sutomo, Kampung Kalitan RT 01 RW 01, Kelurahan Penumping, Kecamatan Laweyan. Coretan ini ditemukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Surakarta saat sedang menggelar operasi pelajar yang bolos sekolah.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Solo, tulisan tersebut telah ditimpa dengan cat putih. Hanya, masih terlihat jelas bekas huruf-hurufnya. Secara samar-samar, tulisan “Papua Merdeka” itu terlihat ditulis dengan huruf kapital. Selain itu, terlihat pula bekas gambar Pulau Papua dan tulisan lain yang tak jelas terbaca.

Tembok yang dicorat-coret tersebut merupakan bagian dari bangunan distro DJSPORT. Selain di tembok, juga ada coretan-coretan di pintu toko dengan gambar dan tulisan tak senonoh.

Pemilik distro Alim mengatakan, dia tak tahu pelaku yang melakukan aksi vandalisme di tokonya.

”Yang jelas, saat saya datang untuk membuka toko pukul 08.00 tadi, sudah ada gambar dan kata tak senonoh di pintu besi toko. Sementara tulisan yang ditembok sudah ditutup dengan cat putih,” ujar Alim.

Sementara itu, anggota satpol PP yang tiba di lokasi mengaku datang untuk mengecek. Sebab, sebelumnya ia mendapat laporan ada vandalisme di tempat tersebut.

“Saya dapat kiriman gambar, makanya saya ke sini untuk mengecek. Kebetulan kami sedang razia anak sekolah yang bolos. Tapi, pas sampai di sini tulisannya sudah dicat,” urai Kasi Ketertiban dan Keamanan Satpol PP Surakarta Agus Setyawan.

Sementara itu, Polresta Surakarta juga turut menyelidiki kasus vandalisme tersebut. Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai mengimbau masyarakat tidak terpengaruh dengan munculnya tulisan tersebut.

”Kita juga akan melakukan pertemuan dengan ketua-ketua dan tokoh masyarakat di Solo untuk memperkuat silaturahmi, termasuk dari Papua,” kata Andy. (atn/ria)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia