Selasa, 17 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Pasar Elektronik Lesu

TV LED Dominan

23 Agustus 2019, 13: 55: 20 WIB | editor : Perdana

LARIS: Pameran elektronik di sebuah mal di Kota Solo, kemarin.

LARIS: Pameran elektronik di sebuah mal di Kota Solo, kemarin. (SERAFICA GISCHA P/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pangsa pasar elektronik belum menunjukkan aktivitas peningkatan di semester kedua ini. Dibanding semester pertama, saat ini penjualan barang elektronik agak lesu darah. Disebabkan sikap menunda masyarakat.

Sales Manager Candi Elektronik Sarmin Budi Kiswanto menjelaskan, minat produk elektronik masih positif. Namun belum memberikan dampak signifikan. Menurutnya, masyarakat cenderung menunda membeli barang elektronik. Lebih memprioritaskan berkurban di Hari Raya Idul Adha dan membayar biaya sekolah anak.

“Di semester pertama justru bagus sekali. Peningkatannya lumayan dibandingkan tahun sebelumnya, sekitar 10-15 persen untuk all produk elektronik. Diharapkan memang usai momen-momen di pertengahan bulan ini, geliat elektronik kembali tinggi,” jelas Sarmin, kemarin (22/8). 

Produk yang masih mendominasi yakni TV LED. Menyumbang hampir 50 persen penjualan. Paling diburu TV LED di bawah 55 inch. Menyusul penjualan kulkas dan mesin cuci. “Market pendingin ruangan atau AC turun hampir 10 persen. Dikarenakan cuaca yang tidak menentu,” paparnya.

Eksekutif General Manager Awua Japan Fajar Surya menambahkan, pertumbuhan pasar elektronik hanya 5 persen. Baginya produk yang cukup banyak memberikan kontribusi justru kulkas. Market share-nya sekitar 35 persen terhadap total penjualan. 

“Solo salah satu pasar yang cukup tinggi dalam penjualan elektronik. Mungkin karena banyaknya pasangan muda yang ada di Kota Solo dan sekitarnya, kemudian memiliki rumah baru. Sehingga membutuhkan barang-barang elektronik. Setelah kulkas, ada TV LED. Dua barang itu wajib ada di rumah,” bebernya. (gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia