Selasa, 17 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

18 Kelompok Tani Terima Hibah Rp 956 Juta

24 Agustus 2019, 18: 01: 53 WIB | editor : Perdana

PEDULI: Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Suparmnaryo serahkan bantuan kepada kelompok tani.

PEDULI: Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Suparmnaryo serahkan bantuan kepada kelompok tani. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Dinas Pertanian dan Pangan Karanganyar menyalurkan bantuan hibah Rp 956 juta ke 18 kelompok tani Karanganyar.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Supramnaryo mengatakan, bantuan hibah tersebut diperoleh atau bersumber dari bantuan APBD Karanganyar 2019. Untuk meningkatkan kesejahteraan petani, diwujudkan dengan dana pembelian bibit, perbaikan sarana prasarana, serta alat pertanian.

”Ini bantuan didasarkan pada permohonan kelompok tani sendiri, dengan skala prioritas yang memang didasarkan pada upaya pemerintah untuk menyejahterakan petani. Maka dipilih 18 kelompok tani tersebut pada tahun ini,” kata Supramnaryo.

Pemerintah juga telah menyalurkan bantuan mesin treaser, hand tractor dan pompanisasi kepada empat kelompok tani. Alat itu sedikit demi sedikit untuk mengubah petani tradisional menjadi petani yang lebih modern.

”Sudah tidak model lagi petani dengan cara tradisional. Kami berharap bantuan alat pertanian itu tidak dijual, sebab setiap saat dicek oleh BPK,” teranganya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar Sutarno mengatakan, bantuan itu sudah disaring dari sekian banyak proposal yang masuk dari kelompok tani. Karena itu baik alat pertanian, bibit dan lainnya diwujudkan serta administrasinya betul-betul diusahakan dan dilengkapi sebaik-baiknya. Sehingga jangan sampai timbul masalah di kemudian hari. Sebab sekarang era transparansi yang setiap saat bisa dibaca masyarakat.

”Yang lebih penting lagi kemanfaatan dari alat dan bantuan itu dioptimalkan. Pengairannya diperbaiki, dan ending-nya kesejahteraan petani meningkat. Saya berharap Karanganyar tetap surplus di tengah ancaman musim kemarau panjang yang terjadi saat ini,” tandasnya. (rud/adi) 

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia