Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Buang Sampah ke Kali, Sidang

25 Agustus 2019, 12: 05: 01 WIB | editor : Perdana

Buang Sampah ke Kali, Sidang

SOLO  – Dua warga tertangkap tangan saat membuang sampah sembarangan. Mereka disidangkan dengan kasus tindak pidana ringan (tipiring) dengan ancaman tiga  bulan kurungan dan denda maksimal Rp 50 juta.

Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah Satpol PP Kota Surakarta Mardiono Joko Setiawan menuturkan, dua warga tersebut terjaring razia petugas gabungan Dinas Lingkungan Hidup Surakarta, kepolisian, dan polisi militer, Rabu (7/8).

"Lokasi pertama di Jembatan Pajang (100 meter ke selatan dari Simpang Jongke). Kami pergoki sekitar pukul 02.30. Lokasi kedua di Jembatan Kandang Sapi sekitar pukul 04.00,” ujarnya, Sabtu (24/8).

Spt, 55, pelaku buang sampah di Jembatan Pajang mengaku sudah tiga kali ini membuang sampah industri sosis rumahannya berupa kulit telur dan lainnya di lokasi setempat.

Sedangkan pembuang sampah Jembatan Kandang Sapi, Stp, 60, mengaku sudah sering melakukan perbuatan tidak terpuji itu. Pedagang hik ini melempar sampah ke sungai bersamaan dengan pulang ke rumah kosnya di kawasan Mojosongo. 

Keduanya dijerat Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 10 Tahun 2015 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Pada sidang di Pengadilan Negeri (PN) Surakarta, Kamis (22/8), keduanya diminta membayar denda Rp 150 ribu. “Kami sudah mengantongi data mana saja sungai atau jembatan yang rawan terjadi pembuangan sampah. Dengan sanksi itu kami harap ada efek jera,” tegas Joko.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Kota Surakarta Agus Sis Wuryanto menuturkan, sanksi buah sampah sembarangan itu sudah disosialisasikan melalui kelurahan dan sebagainya. 

"Kami akan terus melakukan patroli seperti ini. Kalau ada lagi yang buang sampah sembarangan, langsung kami tertibkan sesuai prosedur," tandas dia. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia