Kamis, 14 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Kades Girimulyo Resmi Ditahan, Tersangka Korupsi APBDes & Pungli PTSL 

26 Agustus 2019, 20: 46: 00 WIB | editor : Perdana

Kades Girimulyo (kemeja batik) saat menjalani pemeriksaan di Kejari Karanganyar sebelum dilakukan penahanan

Kades Girimulyo (kemeja batik) saat menjalani pemeriksaan di Kejari Karanganyar sebelum dilakukan penahanan

Share this      

KARANGANYAR - Kejaksaan Negeri (Kejari) Karanganyar resmi menahan Kepala Desa (Kades) Girimulyo Suparno pada Senin (26/8) sore. Suparno jadi tersangka kasus dugaan korupsi penyalahgunaan APBDes dan pungutan terhadap proses program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada 2017 dengan nilai kerugian mencapai Rp 1,2 miliar.

Oleh kejari, Suparno dititipkan di Rutan Kelas IA Surakarta. Penahanan dilakukan lantaran kejaksaan khawatir tersangka akan mengulangi perbuatannya dan berusaha menghilangkan barang bukti. Terlebih saat ini, dana desa yang bersumber dari pemkab dan pemerintah pusat sudah mulai disalurkan ke desa-desa.

”Penahanan ini saya kira sudah tindakan yang bijaksana karena semua kegiatan desa sudah berjalan dan terlaksana. Sekarang tinggal pertanggungjawaban. Untuk kelanjutan pemerintahan, nanti biar dilanjutkan siapa yang bakal ditunjuk pemerintah daerah setempat,” terang Kepala Kejari Karanganyar Suhartoyo.

Sementara itu, Ari Santoso, kuasa hukum tersangka mengatakan, dia bakal melakukan upaya penangguhan penahanan terhadap kliennya. Menurut dia, tersangka selalu kooperatif setiap kali menerima panggilan dari kejaksaan. 

”Tadi dipanggil sebagai tersangka, lalu diperiksa dan ditanya 48 pertanyaan. Kemudian, langsung ada perintah untuk penahanan terhadap tersangka,” ucap Ari yang baru mendampingi tersangka setelah pemeriksaan kedua. (rud/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia