Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Integrasikan SPGDT, Info Kamar Rawat Inap Kosong Lebih Valid

27 Agustus 2019, 14: 50: 37 WIB | editor : Perdana

TIPE C: RSUD Bung Karno yang ditargetkan beroperasi pekan depan.

TIPE C: RSUD Bung Karno yang ditargetkan beroperasi pekan depan. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemkot siap mengintegrasikan layanan RSUD Bung Karno ke dalam sistem penanggulangan gawat darurat terpadu (SPGDT). Ini dilakukan guna menjamin keterbukaan informasi publik terkait fasilitas kesehatan di rumah sakit pelat merah tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih mengatakan, integrasi tersebut diharapkan bisa memberikan gambaran kepada calon pasien ihwal ketersediaan berbagai fasilitas dan tenaga medis.

"Misalnya ruang rawat inap yang masih kosong, instalasi gawat darurat (IGD), ICU/ICCU/NIPU/PICU, ambulans, hingga dokter spesialis maupun dokter jaga," katanya, Senin (26/8). 

Saat ini, sebanyak enam rumah sakit sudah terintegrasi dalam sistem tersebut, termasuk RSUD Kota Surakarta. Untuk layanan pemegang kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (KIS), pemkot akan berkoordinasi dengan Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS). Itu guna memperjelas pembagian wilayah. Sebab wewenang pembagian wilayah rujukan berada di tangan mereka. 

"Kami berharap sebagian besar calon pasien BPJS asal Kecamatan Pasarkliwon, Serengan dan Jebres bisa dirujuk ke RSUD Bung Karno karena lokasinya relatif lebih dekat. Calon pasien asal Kabupaten Sukoharjo, yang bermukim di sekitar rumah sakit juga silakan kalau mau berobat ke RSUD. Daripada ke RSUD Sukoharjo yang mungkin dirasa jaraknya lebih jauh," terang perempuan yang akrab disapa Ning tersebut.

Direktur RSUD Bung Karno Wahyu Indianto menyebut, manajemen tengah menyelesaikan berbagai syarat administrasi sebelum rumah sakit resmi beroperasi pekan depan. Rumah sakit tipe C itu berkapasitas 200 tempat tidur. Mayoritas bagi pasien kelas III. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia