Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

DPRD Surakarta Sahkan 4 Fraksi, Bahas Tata Tertib

28 Agustus 2019, 12: 26: 37 WIB | editor : Perdana

DPRD Surakarta Sahkan 4 Fraksi, Bahas Tata Tertib

SOLO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Surakarta resmi menetapkan empat fraksi pada periode 2019-2024. Pimpinan sementara DPRD juga membentuk tim sebelas untuk membuat rancangan tata tertib anggota dewan.

Empat fraksi itu yakni, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi PKS, Fraksi PAN-Gerindra, dan Fraksi Partai Golkar-PSI. Keputusan ini disahkan dalam sidang paripurna DPRD Surakarta, kemarin (27/8). Penetapan fraksi berjalan tanpa kendala berarti. Sebab, masing-masing partai telah melakukan lobi internal maupun antarpartai.

“Tugas pimpinan sementara pertama adalah memfasilitasi terbentuknya fraksi. Sudah kita gedok hari ini (kemarin). Selanjutnya kita juga membentuk tim yang akan bekerja membuat rancangan peraturan DPRD tentang tata tertib anggota dewan,” terang Pimpinan Sementara DPRD Surakarta Teguh Prakosa ketika ditemui seusai memimpin rapat paripurna.  

Tim yang dibentuk beranggotakan sebelas orang. Terdiri dari tujuh anggota DPRD asal PDI Perjuangan dan masing-masing satu orang dari PKS, PAN, Partai Gerindra dan Partai Golkar. Tim sebelas bertugas secara internal menyusun rancangan tata tertib anggota dewan selama satu periode.

“Kami selaku pimpinan sementara memfasilitasi seluruh anggota jika ada yang mengusulkan tata tertib yang berlaku selama satu periode ini. Masukan dari anggota dewan ditulis dan dibahas oleh tim tersebut,” terang Teguh.

Sementara tim itu bekerja, pimpinan sementara bertugas memfasilitasi terpilihnya pimpinan definitif DPRD Surakarta. Pimpinan tetap itulah yang berhak mengesahkan tata tertib yang disusun oleh tim sebelas. Teguh berharap pertengahan September tahun ini pimpinan definitive dapat ditetapkan.

“Kalau kami menargetkan sebelum 15 September sudah digedok. Nanti untuk tatib bisa disahkan kira-kira akhir September, tergantung pimpinan definitive,” katanya.

Anggota DPRD asal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Antonius Yogo Prabowo mengaku konsolidasi internal partainya menetapkan berkolaborasi dengan Partai Golkar dalam pembentukan fraksi. Selain melihat peta politik, PSI juga melihat senioritas partai berlambang beringin itu akan mampu membimbing PSI sebagai partai debutan. (irw/bun)

SUSUNAN FRAKSI DPRD SURAKARTA PERIODE 2019-2024

Fraksi PDIP

Ketua Y.F. Sukasno

Wakil Ketua Roro Indradi 

Sekretaris Putut Gunawan

Fraksi PKS

Ketua Asih Sunjoto 

Wakil Ketua Muhadi Syahroni

Sekretaris Didik Hermawan

Fraksi PAN-Gerindra

Ketua M. Al Amin

Wakil Ketua Agus Setiawan

Sekretaris Ardianto Kuswinarno

Fraksi Partai Golkar-PSI

Ketua Taufiqurrohman

Wakil Ketua Antonius Yogo

Sekretaris Agus N

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia