Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

KPU Ajukan Klaim Anggaran Asuransi KPPS Rp 1,3 Miliar

29 Agustus 2019, 08: 35: 59 WIB | editor : Perdana

ilustrasi

ilustrasi

Share this      

SOLO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surakarta kembali menaikkan nominal pengajuan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solo 2020. Pengajuan awal Rp 16,5 miliar membengkak menjadi Rp 17,8 miliar. 

Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti mengatakan, kenaikan anggaran Rp 1,3 miliar ini digunakan untuk asuransi kecelakaan kerja kelompok panitia pemungutan suara (KPPS). Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI No. 54 Tahun 2019 tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wakil Kota 2020. 

“Kami baru saja dapat permendagri itu pekan kemarin. KPU langsung menindaklanjuti dengan merevisi pengajuan dana pilkada. Memasukkan anggaran asuransi kecelakaan kerja anggota KPPS ini baru kali pertama terjadi. Pada pilkada sebelumnya asuransi itu tidak ada," tutur Nurul.

Nurul mengatakan, asuransi kecelakaan kerja anggota KPPS baru dimunculkan setelah merujuk Pemilu 2019. Di mana banyak petugas pemilu jatuh sakit hingga meninggal pascapemilu. “Kami sekarang lebih tenang dengan adanya asuransi kecelakaan kerja anggota KPPS,” kata dia.

Soal tahapan pilkada, Nurul mengatakan akan dimulai Oktober mendatang. Tahapan pertama berupa penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD). “Kami kemarin habis rakor bersama KPU Jateng membahas persiapan pilkada serentak di Jateng,” ujarnya.

Dia menjelaskan, KPU Jateng telah menerbitkan PKPU No. 15/2019 tentang Tahapan, Jadwal, dan Program Pilkada 2020. Dalam jadwal dan program itu, tahapan Pilkada Solo dimulai 1 Oktober dengan agenda penandatanganan NPHD oleh KPU dengan Pemkot Surakarta.

“NPHD ini berupa pemberian dana hibah dari pemkot kepada KPU. Dana hibah digunakan KPU untuk menjalankan semua tahapan pilkada.  Ini sudah disampaikan kepada tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Namun sampai sejauh ini masih digodok,” papar dia. (atn/bun)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia