Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo
Penetapan Pimpinan DPRD Solo

Tiga Partai Beres, PDIP Tunggu DPP

29 Agustus 2019, 13: 48: 26 WIB | editor : Perdana

Tiga Partai Beres, PDIP Tunggu DPP

SOLO - Penetapan pimpinan tetap DPRD Surakarta kini tinggal menunggu waktu. Tiga partai politik (parpol) telah menyerahkan nama kadernya untuk duduk di kursi pimpinan. Hanya PDIP yang masih menunggu rekomendasi dari dewan pimpinan pusat (DPP) partai.

Berdasarkan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, PDIP berhak menempatkan wakilnya sebagai ketua DPRD. Disusul tiga partai dengan perolehan suara di bawah PDIP berhak menempati kursi wakil ketua. Yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar. Hingga kemarin tiga parpol telah mengumpulkan hasil rekomendasi dari DPP ke sekretaris dewan (sekwan).

“Sekarang ini yang sudah masuk ke sekwan, pimpinan definitif dari PKS, PAN dan Partai Golkar. Yang belum PDIP,” terang pimpinan sementara DPRD Surakarta Teguh Prakosa, Rabu (28/8).

Dia membeberkan nama-nama yang diusung masing-masing partai. PKS memasukkan nama Sugeng Riyanto sebagai wakil ketua 1, Ahmad Sapari sebagai wakil ketua 2 dari PAN, serta Taufiqurrahman asal Golkar sebagai wakil ketua 3. Ketiga nama tersebut tinggal menunggu pengesahan dalam sidang paripurna penetapan pimpinan definitif. Sementara PDIP i hingga kini masih tetap menunggu turunnya rekomendasi dari DPP.

“Kalau yang kami bawa ke sana (DPP) kan tiga nama. Satu Pak Honda (Honda Hendarto), dua Bu Roro Indradi dan ketiga Pak Budi Prasetyo. Kalau prosesnya sampai mana silakan tanya ke ketua DPC. Karena beliau yang mengawal,” terangnya.

Dari tiga nama yang diajukan, Teguh memberi sinyal jika Budi Prasetyo yang akan menjadi ketua DPRD. “Kami pinginnya yang senior, tetapi DPP pilih yang berbobot,” ucapnya dengan nada bercanda.

Setali tiga uang, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo belum bisa memastikan siapa yang mendapat rekomendasi dari DPP. Dia berjanji akan menjalankan seluruh rekomendasi dari pusat tanpa menambah dan menguranginya. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia