Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Dua Granat Sisa Perang Diledakkan

30 Agustus 2019, 15: 42: 29 WIB | editor : Perdana

TERLATIH: Serpihan dua unit granat jenis nanas setelah didisposal tim Jibom Gegana Brimob Surakarta.

TERLATIH: Serpihan dua unit granat jenis nanas setelah didisposal tim Jibom Gegana Brimob Surakarta. (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Dua buah granat aktif diledakkan (disposal) oleh tim penjinak bom (Jibom) Gegana Brimob Surakarta. Dua granat peninggalan perang dunia II ini ditemukan di gudang Mapolsek Baturetno. 

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti melalui Kapolsek Baturetno AKP Suwono mengatakan, granat tersebut ditemukan saat membersihkan salah satu gudang di Mapolsek Baturetno. 

"Pada waktu saya bersih-bersih mako (mapolsek) pada Jumat 8 Maret 2019 pukul 11.00, di lemari senjata dalam gudang ditemukan dua buah granat. Selanjutnya dimasukkan wadah bambu dan disimpan di ruang tahanan Polsek Baturetno yang tidak terpakai," beber Suwono, Kamis (29/8).

Penemuan granat tersebut cukup membuat kaget mengingat selama ini kepolisian tidak memiliki senjata organik granat. "Anggota-anggota yang lama juga tidak tahu itu milik siapa, asalnya dari mana," jelas dia. 

Setelah dilaporkan kepada unsur pimpinan, kemarin tim Jibom Gegana Brimob Surakarta mendatangi Mapolsek Baturetno untuk melakukan disposal granat jenis nanas tersebut.

"Dua buah granat dibungkus terpal antiledak dan diamankan ke dalam kendaraan Brimob kemudian dibawa ke lokasi aman untuk diledakkan,” terang kapolsek. 

Lokasi disposal yang dipilih yakni Dusun Putuk RT 03 RW 04, Desa Glesungrejo, Kecamatan Baturetno. Jaraknya sekitar lima kilometer dari Mapolsek Baturetno. 

Proses disposal granat yang dilakukan lima personel Jibom berlangsung aman dan lancar. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia