Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Features
Honda DBL Central Java Series 2019

Ayu Sakinah, Forward Tim Basket Putri SMAN 2 Kebumen

31 Agustus 2019, 17: 39: 40 WIB | editor : Perdana

Ayu Sakinah, Forward Tim Basket Putri SMAN 2 Kebumen

Latar balakang keluarga tidak mampu bukan halangan untuk berprestasi. Ayu Sakinah, forward tim basket putri SMAN 2 Kebumen buktinya. Putri sulung buruh tani dan pembuat emping ini berhasil membawa timnya melangkah ke babak Fantastic Four Honda Development Basketball League (DBL) Central Java Series 2019-South Region.

AULIA AMANA PUTRI, Solo, Radar Solo

DRESSING room Sritex Arena, Rabu sore (28/8), telihat ramai. Disesaki pemain basket dan tim dance yang tampil di Honda DBL Central Java Series 2019-South Region. Di samping dressing room, terlihat gadis berambut ikal sedang duduk sambil melepas sepatu. Mengenakan jerseywarna putih, dia terlihat asyik mengobrol dengan teman satu timnya.

Ya, dia tak lain Ayu Sakinah, forward tim basket putri SMAN 2 Kebumen. Dia baru menekuni basket saat duduk di kelas VII SMPN 1 Ambal, Kebumen.

“Dulu sebenarnya pengin main futsal, tapi di sekolah nggak ada ekskulnya. Adanya cuma basket. Akhirnya sama teman-teman sekelas ikut ekskul basket,” ujar Ayuk.

Masuk ekskul basket tak semudah membalik telapak tangan. Harus melewati sejumlah seleksi. “Karena seleksi alam, hanya aku sendiri yang lolos seleksi. Akhirnya bisa masuk tim basket SMPN 1 Ambal,” imbuh dara manis kelahiran Ambal, Kebumen, 15 Juli 2001 tersebut.

Bakat alam yang dimiliki Ayu tak diragukan lagi. Didukung motivasinya untuk membahagiakan dan membanggakan kedua orang tuanya yang hanya berprofsi sebagai buruh tani. Tiap hari, dia selalu berlatih keras.

Soal fisik, tiap akhir pekan, putri sulung pasangan Saliman-Dewi Kusti Utama ini jogging dari rumah hingga pesisir pantai. Kebetulan, dia dan keluarganya tinggal 1,5 km di pesisir Pantai Ambal. Tepatnya di RT 01 RW 01 Pasar Senin, Ambal, Kebumen.

Selain jogging, Ayu bersama tim basket SMP terkadang berlatih endurance. Berupa lompat, sprint, dan slide. “Kalau di rumah sering bantu ibu bikin emping. Biasanya dijual ke Pasar Ambal. Setelah SMA kan saya ngekos karena dari rumah jauh. Jadi sekarang bantu bikin emping paling dua minggu sekali pas pulang,” terangnya.

Prestasi Ayu bersama SMPN 1 Ambal moncer. Timnya berhasil meraih runner-up Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kebumen. Setahun berselang, kembali runner-up Perbasi Cup Kebumen. Disusul juara Liga Basket Kebumen (LBM) dua musim berturut-turut.

Bakat Ayuk tercium tim keplatihan SMAN 2 Kebumen (Smanda). Coach basketnya semasa SPM Nuli Sukma Wardana tak ragu mengarahkan Ayu gabung Smanda. “Sudah dua musim ini ikut Honda DBL di Solo. Tahun lalu kalah di pertandingan pertama. Alhamdulillah tahun ini bisa sampai Fantastic Four,” beber Ayu.

Ada cerita menarik dialami Ayu jelang tampil di Honda DBL Central Java Series 2019-South Region. Sepatu kesayangannya rusak. Saat membela Kebumen di ajang Popda Tingkat Karesidenan Kedu di Temanggung.

“Sudah dipakai 1,5 tahun. Febuari kemarin ikut Popda di Temanggung. Pas main sepatu jebol. Aku langsung ke luar lapangan pinjam sepatu teman,” timpalnya.

Bersimpati, ada dermawan yang membelikan sepatu baru untuk Ayu. Karena Ayu harus segera tampil mewakili Kedu, maju di ajang Popda Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Semarang. “Itu yang belikan temannya ayah pelatih aku,” terangnya. (*/fer)

(rs/fer/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia