Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Olahraga
Honda DBL Central Java Series 2019

71 Mico vs ABBS 64, Mental yang Bicara

01 September 2019, 14: 15: 59 WIB | editor : Perdana

71 Mico vs ABBS 64, Mental yang Bicara

SOLO – Tim basket putra SMK St Mikael (Mico) sukses menggapai tiket emas menuju Big Four Honda DBL Central Java Series 2019. Ini diraih setelah di Fantastic Four South Region di Sritex Arena kemarin (31/8), mereka sukses menjegal langkah SMA Al-Abidin Boarding School (ABBS) lewat pertandingan mendebarkan. 

”Lega dan tak menyangka akan seketat ini pertandingannya,” terang Pelatih Mico, Yullius Dobby.

ABBS sempat tertinggal 2-7 dari Mico di awal laga. Tim ini akhirnya bisa bangkit dan sukses membalikkan kedudukan jadi 8-7.

Beruntung, Mico segera bangkit dengan menyamakan kedudukan jadi 9-9 lewat jump shot Eka Wijaya Nugroho. Pemilik nomor 12 di tim Mico ini juga jadi aktor yang membawa Mico berbalik unggul lagi (11-9) di kuarter pertama. 

Kuarter kedua, malah jadi mimpi buruk buat Mico. Mereka beberapa kali seperti matu kutu karena defense-nya ditembus begitu gampangnya. Tujuh poin dari tangan Syahrial Qoirul, dan enam poin milik  Muhammad Aslamy ikut membawa ABBS unggul jauh 26-19 dari Mico. 

”Kuarter awal anak-anak belum menemukan ritme game. Kami sempat kerepotan di kuarter pertama dan kedua, fokus hilang dan buru-buru. Seharusnya kami bisa leading, tapi karena anak-anak over confidence malah jadi drop,” terang Doby. 

Serigala Mojo (julukan Mico) akhirnya ngamuk juga di kuarter ketiga. Lima menit berjalan, mereka sukses membalikkan keadaan jadi 30-28. Situasi ini tentu balik membuat ABBS jadi tertekan.

ABBS sempat menyamakan kedudukan jadi 32-32, dan 34-34. Sayangnya mereka kembali tertekan, hingga sempat tertinggal delapan poin dari Mico. 

Pelan tapi pasti ABBS bisa cepat bangkit dan menipiskan ketertinggalannya, hingga selisih satu bola (42-44).

ABBS kembali kurang konsisten di kuarter terakhir. Di kuarter keempat, ABBS bahkan sempat tertinggal 10 poin (47-57), namun lagi-lagi ABBS berhasil bangkit dan menipiskan defisit ketertinggalannya hanya selisih satu bola (55-57).

Dukungan Mico Mania dan beberapa perwakilan dari suporter SMA Kolese de Brito Jogja (JB) yang ikut mendukung Mico, jadi pelecut. Mico makin menggila di underring ABBS,  hingga akhirnya Mico sukses mendapatkan banyak poin beruntun. Hingga endingnya mereka sukses menutup laga dengan kemenangan 71-64.

”Kuarter ketiga dan keempat anak-anak defense mulai bagus. Kekuatan lawan hampir sama. Kami sudah dua kali bertemu di pertandingan uji coba. Jadi sudah tahu kekuatan lawan seperti apa. Hasil hari ini (kemarin) sudah sesuai target,” ujar Dobby.

Pelatih ABBS, Indra Tri Ariyadi Suseno mengakui pemainnya banyak melakukan kesalahan personal. Mereka sering buat foul, dan yang terakhir malah kena foul trouble. ”Nah karena takut foul out, mereka jadi kehilangan asa. Finishing-nya Mico memang bagus sekali. Itu yang kami tidak bisa mengejarnya. Secara keseluruhan memang kecewa, tapi untuk hasil skor ini cukup menghibur lah,” ujar Indra. (aya/nik

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia