alexametrics
Senin, 06 Jul 2020
radarsolo
Home > Olahraga
icon featured
Olahraga

14 Negara Ikut Kejuaraan Dunia Tapak Suci di Solo

02 September 2019, 15: 04: 26 WIB | editor : Perdana

14 Negara Ikut Kejuaraan Dunia Tapak Suci di Solo

SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap menggelar kejuaraan pencak silat tapak suci, bertajuk 1st Tapak Suci World Championship yang akan dipusatkan di Sritex Arena (2-5/9). 

Total ada 547 atlet dari 14 negara siap unjuk gigi. Selain tuan rumah Indonesia,  negara yang akan meramaikan kejuaraan ini adalah Aljazair, Timor Leste, Singapura, Mesir, Taiwan, Pakistan, Jerman, Uganda, Maroko, Thailand, Lebanon, Sudan, hingga Palestina.

Kejuaran ini akan mempertandingkan 18 nomor kategori olahraga (11 putra dan 7 putri). Sedangkan ada 16 kelas seni (8 putra, 7 putri, 1 beregu). Kejuaraan ini akan memperebutkan Piala Bergilir M Barrie Irsyad. 

”Ini tentu jadi kebanggaan buat UMS atas ditunjuknya jadi tuan rumah kejuaraan tapak suci tingkat dunia,” terang Rektor UMS Sofyan Anif kepada Jawa Pos Radar Solo.

Indonesia memang jadi pendiri cabor pencak silat. Hingga saat ini perkembangan di beberapa negara di luar Indonesia juga cukup bagus. Banyak pelatih asal Indonesia, dicari untuk melatih beberapa negara di luar negeri. Banyak negara yang tertarik untuk mengembangkan pencak silat di negaranya. 

Ketua Pimpinan Pusat Tapak Suci Afnan Hadikusumo mengakui, Kota Solo dipilih karena kota ini termasuk poros pengembangan olahraga ini.

”Animonya kejuaraan dunia ini juga cukup bagus. Lebanon yang baru berdiri (organisasi tapak sucinya) dua bulan lalu, tapi ini sudah ingin ikut kejuaraan. Beberapa negara juga termotivasi untuk ikut serta,” terangnya.

Indonesia akan diwakili 28 tim pimpinan wilayah (pimwil). Diantaranya atlet tuan rumah yang akan ikut serta adalah Nadia Haq Umami dan Iqbal Candra. (nik)

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia