Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Mahasiswa Papua Serukan Kedamaian & Persatuan dari Plaza Manahan Solo

02 September 2019, 20: 31: 18 WIB | editor : Perdana

Masyarakat dan mahasiswa asal Papua menggelar aksi damai di Plaza Manahan

Masyarakat dan mahasiswa asal Papua menggelar aksi damai di Plaza Manahan (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Sejumlah masyarakat dan mahasiswa asal Papua yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Papua menggelar aksi damai di Plaza Manahan, Senin (2/9) sore. Dalam aksi tersebut mereka mengungkapkan sejumlah pernyataan sikap. Salah satunya mempertahankan Papua dalam bingkai NKRI. 

Koordinator aksi Kusuma Putra mengatakan, aksi dilakukan untuk mengcounter berbagai hal yang tidak benar soal Papua belakangan ini. Pihaknya menilai ada sejumlah oknum atau kelompok berkepentingan yang berupaya merusak persatuan dan kesatuan bangsa. 

Yakni menghasut masyarakat Papua dengan isu-isu yang tidak benar dan berbau suku, agama, ras, antargolongan (SARA). 

”Peristiwa yang terjadi di Papua dan Papua Barat membuat kami prihatin. Rasa persatuan dan kesatuan yang sudah terjalin baik sengaja dirusak oknum tak bertanggung jawab. Ini harus kita perangi berama,” ucap Kusuma di sela-sela aksi.

Oleh sebab itu, pihaknya menyatakan beberapa sikap dalam aksi itu. Intinya mengajak semua untuk berdamai, bersatu, merangkul Papua sebagai saudara, mempertahankan Papua, Papua merupakan bagian Bhineka Tunggal Ika, dan lainnya.

Aksi tersebut juga didukung belasan mahasiswa asal Papua yang sedang menempuh pendidikan di Solo. Selain berorasi, mereka pun mengenakan pakaian adat dan kompak menyanyikan lagu daerah dari Papua. Mulai Sajojo hingga Yamko Rambe Yamko.

”Kitorang semua basodara. Saudara Papua jangan mudah terpengaruh hasutan. Sebab, yang menghasut itu ingin pisah dari NKRI. NKRI milik kita semua. Papua milik Indonesia, Indonesia milik Papua,” papar Rico Irianto Mauri, keturunan Papua yang lema menetap di Solo. (ves/ria) 

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia