Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Sragen

Kejaksaan Gandeng Tim Ahli Awasi Mutu Proyek

03 September 2019, 17: 00: 53 WIB | editor : Perdana

TEROBOSAN BARU: Salah satu proyek perbaikan jalan di Sragen yang pengerjaanya diawasi tim TP4D Sragen dan tim ahli.

TEROBOSAN BARU: Salah satu proyek perbaikan jalan di Sragen yang pengerjaanya diawasi tim TP4D Sragen dan tim ahli. (AMHAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan negeri Sragen membuat terobosan baru. Yakni menggandeng tim ahli profesional untuk menjamin mutu dan kualitas proyek.

Kasi Intel Kejari Sragen Alexander Silaen mewakili Kajari Syarief Sulaeman Nahdi menyampaikan, pihaknya melibatkan lembaga ahli untuk menjamin mutu hasil kerjaan. Saat ini pihak TP4D Sragen menggandeng Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

”LPJK itu kan mempunyai banyak ahli. Ada ahli manajemen jasa konstruksi, bangunan, ahli kelistrikan, jalan, pengairan, jembatan dan banyak lagi,” terangnya kemarin (2/9).

Langkah menggandeng LPJK ini merupakan pertama di Provinsi Jawa Tengah. Dia sesumbar jika diterapkan di Sragen berhasil, bukan tidak mungkin menjadi percontohan atau rujukan di tingkat provinsi atau tingkat pusat.

”Kami menguasai untuk hukum, namun kami bukan ahlinya di bidang seperti kualitas jalan. Dan sebagainya. Makanya kami gandeng dari LPJK untuk memastikan kualitas mutu proyek,” bebernya.

Dia mengakui ahli dari LPJK sejauh ini tidak bisa diintervensi dan bekerja secara independent. Bahkan dalam pengawasan proyek jalan di Sidoharjo, mereka rela jalan kaki sejauh 3 kilometer untuk memastikan kualitas jalan yang dibangun.

Sebelum ini LPJK digandeng ketika sudah masuk ke ranah penanganan dan penindakan. Namun Ketua TP4D Sragen ini mengambil langkah dengan menggandeng LPJK saat pengawalan dan pengawasan mutu proyek. ”Kami muaranya pencegahan. LPJK juga sangat antusias dan mendukung,” terangnya.

Kesimpulan dari LPJK bisa menjadi acuan. Jika pada saat awal sudah diketahui kualitas proyek, pastinya jika ke depan ada masalah, pihak LPJK dipastikan tidak mengeluarkan pendapat yang berbeda. (din/adi)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia