Rabu, 16 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Curi Kepala Arca Eyang Bancolono untuk Dijual,Pelaku Pakai Dalih Agama

04 September 2019, 20: 30: 51 WIB | editor : Perdana

Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Effendi (kiri) menunjukkan kepala arca Eyang Bancolono yang dicuri

Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Effendi (kiri) menunjukkan kepala arca Eyang Bancolono yang dicuri

Share this      

KARANGANYAR - Tersangka pencuri kepala arca Eyang Bancolono di Sendang Bancolono, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu menyebut alasan agama yang melatarbelakangi aksinya itu.  

Pelaku AB, 46, yang berprofesi sebagai satpam di salah satu perusahaan batu bara di Kalimantan Timur itu juga berniat menjual kepala arca tersebut. Kasat Reskrim Polres Karanganyar AKP Dwi Haryadi mengungkapkan, dari hasi penyidikan, pelaku mengaku sengaja merusak dan mencuri kepala arca untuk dijual.

“Niatnya memang akan dijual. Kemudian setelah kita dalami, menurut pelaku patung itu bukan sebagai pemujaan dan melenceng dari ajaran agama yang dianut pelaku,” terang Dwi didampingi Kapolres Karanganyar AKBP Catur Gatot Effendi, Rabu (4/9).

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, warga Magetan, Jawa Timur itu dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang tindak pencurian. Ancaman hukumannya penjara lima tahun.

Sementara itu, dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan sejumlah saksi, kepala arca Bancolono itu dibuat seorang perajin Sukoharjo pada 2006. Arca itu belum termasuk benda cagar budaya. (rud/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia