Jumat, 06 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Spontanitas, Polwan Mendadak Anggun di Atas Catwalk

05 September 2019, 13: 09: 30 WIB | editor : Perdana

BERLENGGAK-LENGGOK: Para polwan menunjukkan aksinya berjalan di atas catwalk dalam fashion show di Solo Paragon, kemarin (4/9).

BERLENGGAK-LENGGOK: Para polwan menunjukkan aksinya berjalan di atas catwalk dalam fashion show di Solo Paragon, kemarin (4/9). (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Kesan tegas dan formal mendadak berubah jadi anggun. Itulah yang terjadi dalam acara fashion show Polwan di Solo Paragon, kemarin (4/9). Meski tetap berpakaian seragam dinas, namun aksi mereka pun sangat luwes, tak kalah dari model profesional.

Ajang para polwan berjalan di atas catwalk  ini merupakan rangkaian dari memperingati HUT Polwan ke-71. Perwira Koordinator (Pakor) Polwan Polresta Surakarta Kompol Sis Raniwanti menuturkan,  fashion show ini juga untuk mengenalkan seragam kepolisian kepada khalayak ramai.

“Seperti pakaian dinas yang digunakan polwan, baik itu PDH (pakaian dinas harian), pakaian dinas lapangan (PDL), seragam ketika mengikuti upacara resmi serta seragam bidang tugas lain seperti dokkes, humas, reskrim, sabhara, serta polair,” tutur Sis kemarin.

Selain pakaian dinas, perempuan yang menjabat sebagai Kabag Sumda Polresta Surakarta ini menambahkan, ditampilkan pula polwan yang menggunakan kebaya dan batik ketika belanggak-lenggok di atas catwalk. 

“Kita buktikan kalau anggota juga bisa tampil elegan dan anggun serta luwes. Jadi tidak melulu menggunakan baju dinas ketika bertugas,” kata Sis.

Dalam kesempatan kemarin, para polwan juga ditambah wawasannya terkait riasan. Hal ini agar polwan ketika bertugas tetap memperhatikan penampilan. “Meski kami Polri, tetap kodrat kami adalah perempuan. Harus tampil cantik, namun tentu riasan yang diaplikasikan berbeda. Tidak boleh terlalu berlebihan,” tutur Sis.

Apalagi Kota Solo sering didatangi tamu negara, pejabat pemerintahan, bahkan kampung halaman presiden RI. Polwan sering diminta mendampingi pengaman tamu VVIP. Otomatis harus bisa merias diri. Pasti akan menjadi pusat perhatian.”Makanya penampilan mereka juga perlu diperhatikan,” katanya.

Dalam agenda kemarin, sedikitnya 70 orang dari total 117 anggota polwan ditunjuk sebagai perwakilan dari setiap fungsi dan lima polsek. “Tidak kita libatkan semua karena hari ini hari aktif, sehingga pelayanan terhadap masyarakat tidak terganggu,” katanya.

Apakah ada persiapan khusus guna mengikuti event kemarin, Sis mengatakan tidak. Semua dilakukan spontanitas, meski begitu bisa dilakukan secara maksimal dan bisa menyuguhkan penampilan yang terbaik. “Jadi persiapan baru tadi (kemarin) pagi. Cuma datang ke lokasi untuk penyesuaian panggung, sore langsung show,” tuturnya

Disinggung soal harapan di usia polwan yang genap berusia 71 tahun, dia berharap polwan tetap memegang teguh motto menuju “Polri yang Profesional, Modern, dan Terpercaya”. (atn/bun)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia