Selasa, 17 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

Kena Provokasi, 4 Siswa di Sragen Asal Papua Diam-Diam Nekat Pulang

06 September 2019, 19: 55: 34 WIB | editor : Perdana

Kena Provokasi, 4 Siswa di Sragen Asal Papua Diam-Diam Nekat Pulang

SRAGEN – Buntut dari kerusuhan di Papua berimbas ke Kabupaten Sragen. Empat siswa asal Papua kabur dari SMKN 1 Kedawung dan memilih pulang ke Papua. 

Kepala SMK 1 Kedawung Taryono menyampaikan, ada tujuh siswa asal Papua yang belajar di sekolah tersebut. Namun, setelah ada kabar kerusuhan yang mencekam di Papua, empat siswa di antaranya pulang ke kampung halaman tanpa pamit pada Selasa (3/9).

Empat siswa yang pulang itu berasal dari tiga tingkatan kelas. Yakni satu siswa kelas X, dua siswa kelas XI, dan satu siswa kelas XII. Mereka pulang tanpa izin dari sekolah. Mereka hanya pamit melalui pembimbing. 

Diakui Taryono, sejak awal pihaknya sudah berupaya mencegah dan tidak mengizinkan para siswa itu untuk pulang ke Papua.

”Sudah ada jaminan (kemanan, Red) soal keberadaan mereka di sini. Aman-aman saja,” terangnya.

Namun, diperkirakan mereka mendapat provokasi dari mahasiswa asal Papua yang kuliah di Jogja. Lantas, mereka termakan provokasi dari dua orang seniornya untuk kembali ke Papua. ”Pada malam hari mereka kedatangan mahasiswa dua orang asal Papua yang kuliah di Jogja,” ujarnya.

Selain mengajak untuk pulang, mahasiswa yang datang tersebut juga menakut-nakuti. Misalnya, menceritakan jika kondisi di Papua tengah rusuh. ”Disampaikan seolah-olah di sini tidak aman. Dan, kalau ketemu polisi, suruh lari,” terangnya.

Terpisah, Plt Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sragen Heru Martono menyampaikan, di wilayah eks Karesidenan Surakarta, semua warga Papua dijamin keamanannya. (din/ria)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia