Jumat, 06 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Angkat Potensi Umbul Jadi Objek Wisata

07 September 2019, 17: 41: 49 WIB | editor : Perdana

KOTOR: Kondisi terkini Sendang Simbar Joyo di Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, kemarin (6/9).

KOTOR: Kondisi terkini Sendang Simbar Joyo di Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, kemarin (6/9). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara punya potensi sumber air. Berupa Sendang Simbar Joyo. Sendang ini ramai dikunjungi wisatawan tiap Jumat pekan pertama Suro. Bersamaan dengan tradisi merti desa yang dimeriahkan berbagai kegiatan budaya dan seni.

Berawal dari sini, Pemerintah Desa Jonggrangan berniat memoles Sendang Simbar Joyo secara bertahap. Termasuk membangun sebuah joglo yang dianggarkan dari dana desa sebesar Rp 100 juta. “Kami ingin memunculkan wisata lokal,” urai Kepala Desa (Kades) Jonggrangan Sunarna, kemarin (6/9).

Salah satu upaya menarik kunjungan wisata, melalui kegiatan merti desa. Terdapat berbagai rangkaian acara. Dimulai dari kirab gunungan hasil bumi dari kantor desa ke kawasan sendang yang berjarak sekitar 1 km. Disusul kembul bujana di sekitar sendang.

Pengunjung yang datang dihibur kesenian tradisional. Salah satunya tarian guyon waton. “Tradisi ini sudah berjalan tujuh kali. Sebagai wujud nguri-uri budaya. Biar suasana di kawasan sendang lebih meriah. Semoga bupati bisa melihat potensi yang ada di Desa Jonggrangan,” paparnya.

Diakui kades, pengembangan sendang belum optimal. Karena sejauh ini hanya digunakan untuk aktivitas memancing. Kades berharap ada pihak ketiga tertarik mengelola kawasan sendang menjadi objek wisata.

“Meski setiap tahunnya, desa sudah menganggarkan dana untuk pengembangannya. Tetapi belum optimal,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Klaten Utara Marjana mengapresiasi penataan dan pengembangan Sendang Simbar Joyo. Terutama kehadiran joglo yang bisa membawa semangat persatuan dan kesatuan antarwarga.

“Termasuk tradisi merti desa yang digelar rutin setiap tahunnya di sekitar sendang. Semoga dapat membawa keberkahan bagi warga setempat. Saya harapkan ke depannya warga bisa bersama-sama ikut mengembangkannya,” tandasnya.(ren)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia