Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Klaten

Sampah Menumpuk Bikin Gerah

07 September 2019, 17: 53: 48 WIB | editor : Perdana

BAU MENYENGAT: Warga melintasi Jalan Pedan-Trucuk, Desa Keden, Pedan yang dipenuhi sampah.

BAU MENYENGAT: Warga melintasi Jalan Pedan-Trucuk, Desa Keden, Pedan yang dipenuhi sampah. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Tumpukan sampah di ruas Jalan Pedan-Trucuk, tepatnya di Desa Keden, Kecamatan Pedan bikin geram pemerintah desa setempat. Pemasangan papan imbauan hingga jaring tak digubris. Masih saja ada warga membuang sampah sembarangan di pinggir jalan hingga menggunung.

“Sebenarnya tempat pembuangan sampah itu lahan milik warga, tapi yang punya kurang perhatian. Kalau dibiarkan, yang jelek nama desa. Segala upaya kami lakukan, tetap saja nekat buang sampah,” jelas Sekretaris Desa Keden Mulyadi, kemarin (6/9).

Persoalan sampah sudah terjadi cukup lama. Dalam hitungan bulan, sampah menggunung. Sampai pemerintah desa setempat meminta bantuan Dinas Pekerjaan Umum-Penataan Ruang (DPU-PR) Klaten untuk mengangkut.

“Pasti setelah bersih diangkut, besoknya ada sampah lagi. Hal itu selalu saja terjadi. Tingkat kesadaran warga memang kurang,” keluhnya.

Kuat dugaan warga yang membuang sampah sembarangan bukan dari Desa Keden. Sialnya, mereka membuang sampah dini. Sulit dipantau. Apalagi di kawasan sekitar tidak ada kamera CCTV. Alhasil belum diketahui siapa oknum warga yang sering membuang sampah di lokasi tersebut.

“Banyak warga kami yang mengeluhkan sampah di pinggir jalan itu. Terus terang kami kewalahan mengurusi sampah tersebut. Semoga ke depannya segera ada solusi terbaik,” bebernya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia