Minggu, 22 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Travelling

Keunikan Umbul Simblarak di Desa Sidowayah, Polanharjo, Klaten

08 September 2019, 10: 30: 59 WIB | editor : Perdana

Keunikan Umbul Simblarak di Desa Sidowayah, Polanharjo, Klaten

Selain Umbul Ponggok dan Umbul Manten, Kabupaten Klaten masih punya umbul menawan. Umbul Siblarak namanya. Seperti keelokannya?

UMBUL Siblarak terletak di Dusun Gondang, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo. Kawasan ini memiliki pesona alam yang masih asri, dikelilingi sawah-sawah hijau berpadukan pepohonan rindang dan udara yang sejuk.

Meskipun baru beroperasi awal 2019, tapi sudah dilirik traveler dari berbagai daerah. Mulai dari Jogjakarta, Semarang hingga Aceh. Ada dua jenis kolam di sana. Pertama kolam alami dengan kedalaman 1,5 meter. Ada bebatuan alami dan ikan-ikan kecil yang menemani traveler berenang. Adapula kolam khusus untuk anak-anak dan balita.

Berbagai wahana juga dapat dijumpai. Seperti flying byur yang mirip flying fox pada umumnya. Bedanya, flying byur ini langsung mendarat ke dalam kolam. Start-nya dari atas pohon setinggi tujuh meter, lalu naik flying byur dan terjun ke kolam. So, pasti seru melompat ke air dari atas flying byur.

Selain wisata air Umbul Siblarak, traveler juga bisa berkeliling melintasi pematang sawah dengan ATV atau mini trail. Dan juga menikmati wisata di sekitarnya, yaitu Kampung Dolanan Sidowayah yang mengenalkan aneka permainan tradisional Jawa. Seperti engklek, dakon, yoyo, egrang, dan permainan outbond lainnya.

Adapula wahana membajak sawah dengan kerbau dan menanam padi. Permainan-permainan tersebut dapat melatih tingkat kerjasama dan sosial anak-anak. Biasanya, tempat ini ramai pengunjung saat anak-anak sedang berlibur atau outing class.

”Anak zaman sekarang kan pakainya gadget, main game dan dirasa memprihatinkan. Atas dasar itu kami coba mengajak kembali melestarikan mainan tradisional dengan wahana Kampung Dolanan Sidowayah ini,” jelas Anis, 27 marketing Kampung Dolanan Sidowayah.

Selain itu ada pula Oasse (Omah Aneka Satwa dan Seni) yang menyajikan mini zoo berisi kuda, ikan, kambing, monyet, kelinci. Lalu arena panahan, belajar lukis, gerabah, naik bendi, dan berkuda.

Bagi anak-anak juga bisa mencoba membuat kerajinan tangan gerabah untuk buah tangan. Sedangkan wahana panahan dapat dimainkan oleh dewasa maupun anak-anak. Yang paling gres adalah Taman Lalu Lintas. Masih tahap pengembangan atas kerjasama pemerintah desa dengan Polres Klaten. Taman ini untuk memberi pembelajaran tertib berlalu lintas ke anak-anak. Lumayan lengkap kan? (mg10/mg11/adi

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia