Minggu, 22 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Satu Pendaki Gunung Lawu Asal Surabaya Harus Dievakuasi Malam Ini

09 September 2019, 20: 40: 15 WIB | editor : Perdana

Tim gabungan berkoordinasi sebelum melakukan evakuasi pendaki Gunung Lawu

Tim gabungan berkoordinasi sebelum melakukan evakuasi pendaki Gunung Lawu (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Salah satu pendaki Gunung Lawu yang melakukan pendakian melalui jalur Cemoro Kandang terpaksa dievakuasi, Senin (9/9) petang. Pendaki tersebut yakni Yohan Marvelous Louhenapessy, 31, warga Pucang Sewu, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. 

Dia berada di Argo Dalem untuk beristirahat bersama orang tuanya sembari menunggu proses evakuasi oleh tim gabungan relawan dan SAR. Tim evekuasi akan naik lewat jalur pendakian Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur.

Relawan sekaligus anggota Anak Gunung Lawu (AGL) Best Hariyanto menuturkan, pihaknya  mendapat surat berisi permintaan bantuan yang datang ke pos pendakian Cemoro Kandang. Surat itu ditandatangani salah satu pendaki atas nama Ino.

Dalam surat bantuan SAR tersebut, korban atas nama Yohan Marvelous dengan berat 82 kg dan tinggi 176 sentimeter saat ini berada di Argo Dalem bersama orang tuanya. Yohan terpaksa menunda penurunan lantaran dalam prejalanan dia terjatuh. Lutut kanannya terbentur hingga mengalami cedera cukup parah.

Sebelumnya, dia bersama rombongan melakukan pendakian melalui jalur Cemoro Kandang dan rencana turun pada Selasa (10/9) pagi.

”Saat ini kita sedang berkoordinasi untuk proses penjemputan,” terang Best, Senin petang.

Dalam koordinasi tersebut, kemungkinan akan dilakukan proses evakuasi melalui jalur pendakian Cemoro Sewu. Di samping rute perjalan yang cepat, medan untuk proses evakuasi juga terbilang representatif. 

Koordinator lapangan dan bagian operasional tim SAR Karanganyar Fauzan Rosyid menutukan, ada 15 personel gabungan yang akan berangkat evakuasi. Yakni dari relawan, SAR, dan PMI. (rud/ria)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia