Minggu, 22 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Solo

PDAM Usulkan Bangun Intake Rp 26 Miliar

10 September 2019, 14: 02: 22 WIB | editor : Perdana

OLAH AIR: IPA Semanggi yang operasionalnya akan dioptimalkan dengan usulan pembangunan intake baru.

OLAH AIR: IPA Semanggi yang operasionalnya akan dioptimalkan dengan usulan pembangunan intake baru. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – PDAM Surakarta mengusulkan pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) baru. Itu guna mencegah terulangnya pencemaran di IPA Semanggi, Pasar Kliwon belum lama ini.

PDAM Surakarta membidik lokasi di sekitar Kali Samin. Hanya berjarak sekitar 1,3 kilometer dari intake lama. Direktur Teknik PDAM Surakarta Tri Atmojo Sukomulyo menerangkan, detail engineering design (DED) intake baru telah dikirim ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Anggaran pembangunan yang dibutuhkan sekitar Rp 26 miliar. 

“Wali kota sangat mendukung rencana pembangunan intake IPA baru dan menunggu masuk anggaran 2020 ini," jelasnya kemarin (9/9). 

Terkait penghentian operasional IPA Semanggi beberapa waktu lalu, PDAM Surakarta telah memastikan instalasi itu sudah beroperasi sejak Kamis malam (5/9). Sampel air telah dikirim ke lab Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jogjakarta guna memastikan penyebab pencemaran.

"Kalau (penyebab penecemaran) ciu itu bahasa masyarakat. Tapi kandungan pasti belum tahu. Soalnya pengujian ini menggunakan puluhan paramater. Kami tidak melapor ke pihak berwajib terkait pencemaran air ini, Tapi soal pipa PDAM dirusak, kami pasti lapor," tandas Tri Atmojo.

Petugas intake IPA Semanggi Purnomo menambahkan, limbah menjadi persoalan klasik saat musim kemarau. Debit air yang mengecil menyebabkan polutan bertambah. "Masih terus dipantau kondisi sungainya (Bengawan Solo)," pungkasnya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia