Minggu, 22 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Satpol PP Ajukan 16 Titik Hidran Baru

10 September 2019, 17: 15: 27 WIB | editor : Perdana

PENAMBAHAN: Salah satu hidran yang ada di Jalan Pemuda, Kecamatan Klaten Tengah.

PENAMBAHAN: Salah satu hidran yang ada di Jalan Pemuda, Kecamatan Klaten Tengah. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Klaten mengajukan 16 titik hidran baru. Tersebar di 16 kecamatan. Mengingat saat ini baru 10 kecamatan terfasilitasi hidran dengan total keseluruhan 39 titik. 

Pengajuan ini untuk memaksimalkan fasilitas di seluruh kecamatan yang ada di Kota Bersinar. Ditunjang meratanya jaringan PDAM.

“Setiap kecamatan harus terfasilitasi hidran. Tujuannya memudahkan petugas pemadam kebakaran (damkar) saat ada kasus kebakaran. Saya akan ajukan usulan ini ke bupati dan sekretaris daerah (sekda),” jelas Kepala Satpol PP Klaten Sugeng Haryanto, kemarin (9/9).

Selama ini, kasus kebakaran sering terjadi di wilayah Klaten sisi timur. Terutama di Kecamatan Ceper, Pedan, Trucuk, Delanggu, Wonosari, dan Juwiring. Namun, wilayah ini minim fasilitas hidran. Imbasnya, saat terjadi kebakaran, petugas damkar harus mengambil air dari sumber lain.

“Meski ada hidran, tetapi kondisinya tidak sesuai harapan. Debit air yang keluar terlalu kecil. Butuh waktu lama mengisi tangki. Kami harus kejar-kejaran dengan respon time,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Damkar Bidang Perlindungan dan Bina Potensi Masyarakat, Satpol PP Klaten Sumino menyambut positif usulan tersebut. “Selama ini jika tidak ada hidran, kami harus mencari sumber air seperti kolam atau lainnya. Memang keberadaan hidran saat ini kurang ideal untuk mengkaver 26 kecamatan,” bebernya.

Melaksanakan tugasnya, Damkar Klaten didukung lima unit armada dan satu pos induk. Merespon kejadian kebakaran, butuh waktu maksimal 15 menit menuju lokasi. Damkar berharap masyarakat memprioritas armada damkar saat melintas di jalan raya. (ren)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia