Minggu, 22 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Lanskap Manahan Dipasrahkan Pusat

11 September 2019, 13: 58: 55 WIB | editor : Perdana

BERUBAH TOTAL: Kemegahan Stadion Manahan tampak dari luar. Beragam fasilitas standar internasional tersedia.

BERUBAH TOTAL: Kemegahan Stadion Manahan tampak dari luar. Beragam fasilitas standar internasional tersedia. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Rampung revitalisasi bangunan utama Stadion Manahan, pemerintah pusat bakal melanjutkan penataan lanskap kawasan sekitar stadion. Karena itu, peresmian yang dijadwalkan September mundur hingga penataan lanskap rampung seluruhnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surakarta Joni Hari Sumantri mengatakan, penataan lanskap meliputi aksentuasi, fungsional, dan estetikanya. Isinya berupa penataan taman, penguatan vegetasi di sekitar stadion.

"Sebelumnya kan penataan lanskap dari pemkot menggunakan dana APBD. Nah ini pengajuan diterima oleh pusat. Jadi nanti yang mengerjakan pusat sekalian," katanya, Selasa (10/9).

Mengingat penataan dikerjakan pusat, detailed engineering design (DED) penataan lanskap kawasan stadion ikut dilampirkan ke kementerian agar penataan tetap sinkron dengan upaya pengembangan venue lainnya, seperti velodrome, GOR indoor, lapangan tenis, lapangan softball, dan lainnya.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo membenarkan, karena lanskap stadion digarap pemerintah pusat, pemkot tinggal memaksimalkan sarana dan prasarana pendukung lainnya di dalam stadion.

“Pemkot ya melengkapi isian stadion yang belum dan merampungkan pengerjaan drainase sekitar," ujarnya.

Soal peresmian Stadion Manahan, Rudy memastikan dilakukan usai penataan lanskap. Secara pribadi dirinya sudah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo agar bisa meresmikan Stadion Manahan.

"Saya sudah matur ke Pak Presiden (peresmian Stadion Manahan) setelah penyelesaian lanskap rampung sekalian. Fleksibel. Kalau rampungnya di 2019, ya dilakukan 2019. Tapi lalau baru rampung di 2020, tidak masalah," ucap wali kota. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia