Senin, 16 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Desa Karanganom Coba Kembangkan Taman Bermain Selada Air

11 September 2019, 17: 14: 35 WIB | editor : Perdana

Desa Karanganom Coba Kembangkan Taman Bermain Selada Air

KLATEN – Pemerintah Desa Jeblog, Kecamatan Karanganom berusaha menambah pendapatan asli desa (PAD). Melalui optimalisasi objek wisata. Nah, potensi wisata yang bisa dikembangkan yakni Taman Agrowisata Nglorog Rejo. Berupa lahan cenil atau selada air dan kolam pemancingan seluas 2 hektare. 

Kepala Desa (Kades) Jeblog Fajar Hendri Prakosa mengaku agrowisata ini menyasar wisatawan keluarga. Khususnya anak-anak. Seperti yang sudah dikembangkan di Umbul Manten, Desa Wunut, Kecamatan Tulung. 

“Anak-anak kan sukanya main air. Nah, tanaman cenil di samping kolam pemancingan bisa dimanfaatkan untuk itu,” paparnya, kemarin (10/9).

Lahan cenil memanfaatkan tanah kas desa. Hasilnya selama ini belum memberikan dampak signifikan bagi warga sekita. Diharapkan hadirnya wisata air di lahan cenil mampu menopang keberadaan Taman Agrowisata Nglorog Rejo. Di sana sudah ada fasilitas pendapa, kolam renang, dan area outbound.

“PAD Jeblog rata-rata Rp 114 juta per tahun. Jadi selada air ini tidak sekadar dijual begitu saja. Tetapi bisa dijadikan kuliner. Bisa menambah nilai ekonomis. Memang ke depan kami akan mengarah pengembangan ke sana,” urai Fajar.

Nantinya, paket wisata ini bakal dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Tirta Aji. “Kami juga ingin mengembangkan kolam ikan yang tidak jauh dari lahan cenil. Misalnya lewat lomba mancing. Harapannya semakin banyak wisatawan yang datang ke Jeblog,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Unit Wisata BUMDes Karya Tirta Aji Desa Jeblog Suwandani menyebut Taman Agrowisata Nglorog Rejo jadi penopang utama PAD. “Tiap akhir pekan wisatawan yang datang bisa ratusan orang,” ujarnya. (ren/fer)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia