Minggu, 22 Sep 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Ribuan Peziarah Bakal Padati Gunung Tugel

11 September 2019, 17: 24: 37 WIB | editor : Perdana

PERSIAPAN: Warga mengunjungi Makam Ki Ageng Singoprono di Puncak Gunung Tugel, Sambi.

PERSIAPAN: Warga mengunjungi Makam Ki Ageng Singoprono di Puncak Gunung Tugel, Sambi. (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Haul Ki Ageng Singoprono bakal digelar di Gunung Tugel, Desa Nglembu, Sambi, Boyolali, Sabtu (15/9). Diperkirakan ribuan peziarah bakal memadati lokasi tersebut.

Panitia Haul Ki Ageng Singoprono KRT Surojo Adi Nagoro mengaku haul ini untuk mengenang perjuangan Ki Ageng Singoprono. Tokoh penyebar Islam itu merupakan keturunan penguasa Majapahit, yakni Raja Brawijaya V.

“Dulu merupakan Demang Manglen. Kami ingin semangat dan perjuangan beliau dalam menyebarkan agama diingat dan dilestarikan generasi sekarang,” katanya, kemarin (10/9).

Berbagai kegiatan meramaikan haul sejak Jumat (14/9). Mulai dari aneka lomba hingga pasar rakyat di lapangan Desa Nglembu. Malam harinya digelar pengajian mujahadah di kawasan Gunung Tugel. 

“Sabtu pagi pukul 07.00 sebelum prosesi utama di petilasan, diawali kirab dari Balai Desa Nglembu menuju kaki bukit Gunung Tugel. Ada keturunan kebo Kyai Slamet. Disusul berbagai tumpeng dan tombak pusaka peninggakan Kyai Ageng Singoprono. Ada juga pusaka Keraton Kasunanan Surakarta yang dibawa sentana. Malamnya pentas wayang kulit semalam suntuk,” imbuhnya.

Bambang, 40, warga sekitar menyebut kirab dan haul ini ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Sekaligus melestarikan budaya turun-temurun yang saat ini mulai terlupakan oleh generasi muda. Haul ini juga penanda bahwa kita harus melanjutkan perjuangan beliau,” ujarnya. (wid/fer)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia