Senin, 16 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Polresta Ragukan Legal Standing Penggugat, LP3HI Siap Berikan Bukti

12 September 2019, 14: 48: 16 WIB | editor : Perdana

Polresta Ragukan Legal Standing Penggugat, LP3HI Siap Berikan Bukti

SOLO – Gugatan praperadilan kasus tabrak lari di Overpass Manahan semakin panas. Setelah Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) sebagai penggugat menolak tawaran berdamai, kini Polresta Surakarta dan Polda Jateng sebagai tergugat mempertanyakan legal standing lembaga bersangkutan.

Pertanyaan tersebut muncul dalam berkas jawaban pihak tergugat dalam sidang yang dipimpin hakim tunggal Supomo di Pengadilan Negeri (PN) Surakarta, Rabu (11/9).

Dalam salinan berkas jawaban tergugat disebutkan, kasus kecelakaan bersifat privat, bukan bersifat publik. Sehingga pihak yang seharusnya melakukan gugatan adalah pihak keluarga (korban tabrak lari) langsung atau yang mewakili.

Tergugat juga menjelaskan bahwa kasus tersebut belum dinaikkan ke tahap penyidikan karena alat bukti pendukung kurang lengkap.

Merespons keraguan pihak tergugat, kuasa hukum LP3HI Sigit Subidyanto menyatakan siap membuktikan legal standing LP3HI dalam kasus ini. "Seharusnya besok (hari ini) agendanya adalah replik. Namun, tadi kita ajukan kalau kita tidak akan membuat replik. Tapi langsung ke pembuktian. Nanti dalam pembuktian akan kita serahkan bukti salinan akta pendiran LP3HI untuk menjawab pertanyaan termohon," katanya.

Selain itu, pada sidang lanjutan hari ini, LP3HI akan menghadirkan saksi fakta dan saksi ahli. Saksi fakta yang dihadirkan saksi suami korban Retnoning warga Kampung Selembaran, Kelurahan/Kecamatan Serengan, Marthen Jalipele. Sedangkan saksi ahli bisa dari Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta maupun Universitas Sebelas Maret (UNS). 

Menurut Sigit, Polresta Surakarta seharusnya dapat meningkatkan status kasus tabrak lari ke tahap penyidikan karena telah memiliki alat bukti antara lain saksi, dokumen, rekaman dari kamera pemantau. (atn/wa)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia