Rabu, 16 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Bak Film Koboi, Penangkapan Kawanan Perampok Diwarnai Kejar & Tembak

12 September 2019, 18: 15: 59 WIB | editor : Perdana

Bak Film Koboi, Penangkapan Kawanan Perampok Diwarnai Kejar & Tembak

WONOGIRI - Tiga pelaku perampokan berhasil diamankan personel gabungan dari Polres Wonogiri, Ponorogo, dan Madiun. Penangkapan sempat diwarnai aksi kejar-kejaran menggunakan tiga unit mobil dan tembakan peringatan. 

Kasubag Humas Iptu Suwondo mengatakan, personel Polsek Giriwoyo melakukan back up gabungan Polres Madiun dan Polres Ponorogo untuk mengejar lima pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) pada Rabu (11/9) tengah malam. 

”Melibatkan 18 personel. Yakni 4 personel Polsek Giriwoyo dipimpin Kapolsek Iptu Wartadi bersama tiga anggota. Lalu, 14 personel Gabungan Polres Madiun dan Polres Ponorogo,” kata Suwondo mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti, Kamis (12/9). 

Penangkapan bermula pada Rabu (11/9) pukul 23.00. Ketua tim Resmob Polres Madiun Ipda Priyo Susanto datang ke Mapolsek Giriwoyo untuk koordinasi upaya paksa penangkapan lima pelaku curas. Pelaku mengemudikan mobil Brio warna putih bernopol W 1627 CY.

”Personel gabungan terbagi tiga tim mengendarai tiga mobil yang berbeda untuk melakukan pengejaran dan penghadangan pelaku,” kata Suwondo. 

Setiba di jembatan Desa Sejati, Kecamatan Giriwoyo dilakukan upaya paksa di lokasi tersebut. Namun, pelaku melarikan diri dengan memutar balik mobil sehingga terjadi kejar - kejaran.

Tak ingin buruan lolos, personel melepaskan tembakan peringatan. Namun, tidak dihiraukan pelaku. Kemudian, personel menghentikan laju mobil pelaku dengan menembakkan ke arah ban kanan. Mobil oleng ke kiri masuk ke parit. 

Namun, kelima pelaku keluar dari mobil untuk melarikan diri. Personel langsung melakukan pengejaran memasuki lingkungan warga di Desa Sejati, Kecamatan Giriwoyo. 

”Dalam pengejaran tersebut berhasil diamankan tiga pelaku. Sementara dua pelaku lari ke arah selatan. Hingga saat ini belum tertangkap,” beber Suwondo. 

Pelaku yang diamankan yakni Lukman Hakim, 36, warga Randu Boto, Kecamatan Sedayu; H. Sajidi, warga Tanjung Awan, Kabupaten Ujung Pangkah; dan Bahar Effendi, 44, warga Kecamatan Ponjeng. Ketiga wilayah asal itu berada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

”Hasil interogasi terhadap tiga pelaku yang diamankan, mereka telah melakukan percobaan pencurian dengan pemberatan. Pelaku masuk dengan merusak pintu di BMT Mitra Mandiri Sirnoboyo, Kecamatan Giriwoyo,” pungkas Suwondo. (kwl/ria)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia