Rabu, 20 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Puluhan Pendaki Gunung Merbabu Dipaksa Turun

12 September 2019, 19: 52: 51 WIB | editor : Perdana

Kepulan asap terlihat dari Gunung Merbabu pada Selasa (10/9) lalu

Kepulan asap terlihat dari Gunung Merbabu pada Selasa (10/9) lalu

Share this      

BOYOLALI - Untuk kesekian kalinya kawasan Gunung Merbabu terbakar. Kali ini melanda kawasan Desa Denokan, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Junita Parjanti menuturkan, kebakaran hutan dan lahan di Gunung Merbabu  kali pertama terlihat pada Kamis (12/9) pukul 02.00. Titik api terlihat menyala dari lereng Gunung Merbabu sisi selatan.

Pagi harinya, asap tebal terlihat mengepul dari lereng gunung yang berada di wilayah Boyolali, Magelang, dan Semarang itu. ”Kebakaran tersebut melanda hutan kawasan Taman Nasional di wilayah Desa Denokan, Kabupaten Magelang,” ujar Junita.

BTNGMb langsung berkoordinasi dengan BPBD, MMP/MPA, potensi SAR, dan relawan. Mereka naik ke lokasi kebakaran untuk memadamkam si jago merah.

Kebakaran di Gunung Merbabu ini merupakan yang kesekian kali dalam beberapa hari terakhir. Untuk itu, BTNGMb menutup sementara seluruh jalur pendakian.

”Demi keselamatan pengunjung, untuk sementara jalur pendakian kami tutup sampai kondisi memungkinkan," kata Junita.

Para pendaki yang masih di atas telah dilakukan penjemputan. Ada lima pintu jalur pendakian resmi Gunung Merbabu. Yaitu jalur Selo, Suwanting, Wekas, Cuntel, dan Tekelan. Berdasarkan data dari sejumlah pintu pendakian tersebut, total ada sekitar 76 pendaki yang naik. (wid/ria)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia