Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Krisis Air, PDAM Gelar Salat Istisqa

13 September 2019, 13: 17: 43 WIB | editor : Perdana

KHUSUK: Jajaran direksi dan karyawan PDAM Solo menggelar salat Istisqal.

KHUSUK: Jajaran direksi dan karyawan PDAM Solo menggelar salat Istisqal.

Share this      

SOLO - Kemarau panjang membawa dampak kekeringan. Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Toya Wening Solo menggelar salat meminta hujan atau istisqa Kamis (12/9) siang. Ibadah tersebut digelar lantaran musim kemarau panjang yang mengakibatkan air bahan baku perusahaan daerah air minum (PDAM) menipis.

Salat meminta hujan dilaksanakan usai salat Duhur di kantor pusat Toya Wening di Karangasem, Laweyan.  Salat dipimpin oleh KH Ahmad Alim Nurwahid dan diikuti seluruh staf dan karyawan PDAM. 

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Toya Wening, Bayu Tunggul berharap dengan salat yang dilakukan hujan dapat turun dalam waktu dekat. PDAM sejak awal bulan lalu sudah merasakan dampak kemarau di tahun  ini. Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi sudah dua kali berhenti beroperasi karena pekatnya limbah industri alkohol. Dalam kondisi cuaca normal, limbah tersebut bisa larut dengan debit air Bengawan Solo yang cukup besar.

“Sebelum kita kesulitan air bersih, kita minta dulu kepada Allah. Jangan sampai sudah terjadi bencana baru kita minta,” katanya, Kamis (12/9).

Bayu menyebut salat hanya sebagai salah satu upaya Perumda Toya Wening mengatasi ancaman kekeringan. Selain itu, beberapa pegawai Toya Wening telah menjalankan ibadah puasa sejak tiga hari yang lalu. “Teman-teman beberapa ada yang puasa supaya doanya lebih terkabul,” kata dia.

Imam salat KH Ahmad Alim Nurwahid menjelaskan, salat Istisqa digelar untuk meminta kepada Tuhan agar menurunkan hujan di wilayah yang mengalami kemarau panjang. Sesuai ajaran Islam, salat dilakukan dua rakaat dan diakhiri dengan doa yang secara khusus ditujukan untuk meminta hujan. “Mudah-mudahan hajat kita terkabul semua,” katanya. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia