Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Bagus Selo Ketua DPRD Karanganyar, Rohadi Widodo Wakil Ketua 2

13 September 2019, 14: 36: 42 WIB | editor : Perdana

MENUNGGU PENGESAHAN: Calon Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo tunjukkan SK penunjukkan dari DPP.

MENUNGGU PENGESAHAN: Calon Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo tunjukkan SK penunjukkan dari DPP. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Unsur pimpinan DPRD Karanganyar periode 2019-2024 sudah terbentuk. PDIP sebagai peraih suara terbanyak dalam Pemilu 2019 lalu mengusulkan nama Bagus Selo menjadi calon ketua DPRD. Sementara mantan wakil bupati Rohadi Widodo juga diusulkan partainya (PKS) untuk menduduki kursi pimpinan.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP memberikan rekomendasi kepada Bagus Selo. Politikus kawakan yang sudah lima kali menjadi anggota DPRD Karanganyar tersebut mendapatkan rekomendasi dari DPP di DPD PDIP Jawa Tengah, Semarang Rabu (11/9) malam. Penyerahan oleh sekretaris DPD PDI P Bambang Kusriyanto dan dibacakan oleh Bendahara DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng. 

”Ini adalah amanah baik dari partai politik, masyarakat maupun teman-teman dari anggota DPRD. Saya akan jalankan sesuai dengan tatat tertib DPRD dan juga mematuhi AD/ART partai,” jelas Bagus Selo ditemui Jawa Pos Radar Solo, kemarin (12/9).

Bagus Selo juga menunjukkkan surat penunjukkan dari DPP PDIP. Dalam surat tersebut dijelaskan pertimbangan pemilihan dia jadi kandidat sesuai hasil dari psikotes, fit and proper test, surat dari DPC, DPD dan surat hasil rapat DPP PDIP pada 3 September lalu.

Sementara itu unsur pimpinan DPRD Karanganyar lainnya adalah Anung Marwoko (Golkar), Rohadi Widodo (PKS) dan Tony Hatmoko (PKB). Rohadi yang pada pilkada lalu mencalonkan diri menjadi Bupati Karanganyar kembali menduduki pimpinan DPRD seperti pada periode 2009-2013 silam.

Sementara yang mengejutkan adalah sosok Anung Marwoko. Pada periode keduanya menjadi anggota DPRD ini, sudah mampu meraih jabatan wakil ketua. Anung merupakan peraih suara terbanyak di pileg kemarin.

Rapart paripurna masa sidang I tentang usulan pimpinan definitif tahun 2019 – 2024 digelar, kemarin (12/9). Sekaligus penyusunan rancangan tata tertib (Tatib) DPRD.

Sekretaris DPRD Karanganyar Sujarno mengungkapkan, surat usulan calon pimpinan dari masing – masing partai sudah lengkap. Selanjutnya, usulan itu disampaikan ke Gubernur Jawa Tengah melalui Bupati Karanganyar. Setelah turun surat keputusan dari gubernur, nantinya pengucapan sumpah jabatan dan janji akan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar.

”Setelah diambil sumpah janji, maka nanti proses selanjutnya ketua dan wakil ketua definitif. Lalu dilanjutkan membentuk alat kelengkapan (alkab) seperti Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Badan Kehormatan, pembahasan Komisi dan Pembentukan Perda," jelas Jarno. (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia