Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Lagi, Setyo Sukarno Pimpin DPRD Wonogiri

13 September 2019, 14: 41: 00 WIB | editor : Perdana

SEREMONIAL: Prosesi sidang paripurna bahas unsur pimpinan dan fraksi DPRD Wonogiri, Kamis (12/9).

SEREMONIAL: Prosesi sidang paripurna bahas unsur pimpinan dan fraksi DPRD Wonogiri, Kamis (12/9). (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – DPRD Wonogiri bergegas menentukan unsur pimpinan definitif. Dalam sidang paripurna kemarin, Setyo Sukarno dari PDIP dipercaya menjabat ketua dewan periode 2019-2024.

Sedangkan posisi wakil ketua diisi oleh Sugeng Ahmady dari Golkar, Krisyanto dari PKS, dan Siti Hardiyani dari Gerindra. Nama-nama unsur pimpinan dewan tersebut diserahkan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk disahkan.

Selain unsur pimpinan dewan, pada sidang paripurna juga dibentuk lima fraksi. Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12/2018 pasal 120 ayat (3), bahwa setiap fraksi di DPRD beranggotakan paling sedikit sama dengan jumlah komisi di DPRD. 

Selanjutnya pada ayat (6) menyebutkan, bagi partai politik yang jumlah anggotanya di DPRD tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (3), dapat bergabung dengan fraksi yang ada atau membentuk paling banyak dua fraksi gabungan.

Sekretaris DPRD Wonogiri Gatot Siswoyo menuturkan, ada lima fraksi di dewan. Rinciannya, empat fraksi berdiri sendiri, sedangkan ada satu fraksi gabungan.

Fraksi-fraksi tersebut yakni Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan diketuai Gimanto, wakil ketua Catur Winarko, sekretaris Supriyanto dengan 25 anggota.

Fraksi Partai Golongan Karya dipimpin Paryanti, wakil ketua Reni Toriliana, dan sekretaris Hamid Kurniawan dengan lima orang anggota.

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera diketuai Jarmono, wakil ketua Sri Hariyanto, Sekretaris Sriyanto dan satu anggota.

Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya diketuai Imron Rizkyarno, wakil ketua Siti Hardiyani, sekretaris Arum Subekti dengan satu anggota.

Selanjutnya Fraksi Amanat Kebangkitan Bangsa dengan ketua Sunarno, wakil ketua Suparmo, sekretaris Iskandar, serta tiga anggota. “Fraksi ini gabungan antara PAN dan PKB," terang Gatot. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia