Rabu, 16 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Features
Solo Menuju Kota Bebas Asap Rokok

Walikota Solo Segera Susun Perwali

16 September 2019, 11: 00: 13 WIB | editor : Perdana

Walikota Solo Segera Susun Perwali

Setelah Perda Nomor 9 Tahun 2019 tentang Kawasan Tanpa Rokok disahkan pemkot segera menyusun perwali. Aturan radius soal kawasan tanpa rokok akan ditimbang, mengingat klausul tersebut belum masuk perda yang baru disahkan pertengahan Agustus kemarin.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo mengatakan, Perda KTR perlu dilengkapi dengan perwali untuk mempertajam penerapan aturan tersebut. Mengingat, perwali serupa sudah ada, kemungkinan Perwali Nomor 13 Tahun 2010 tentang Kawasan tanpa Rokok dan Kawasan Terbatas Rokok itu bakal direvisi. 

“Perda harus diperkuat dengan perwali, tapi ini belum dibuat. Ini evaluasi dari gubernur sudah selesai atau belum kami belum tahu,” jelas Rudy, Minggu (15/9).

Disinggung soal klausul radius yang belum masuk dalam Perda KTR, Rudy mengatakan, jika arahnya kawasan maka harus ada radius untuk mempertegas. Mengambil contoh aturan pendirian pasar modern di sekitar pasar tradisional diatur dalam jarak 500 meter. Sebab itu, opsi radius itu akan ditimbang kembali. “Kalau itu kawasan ya mesti diatur kawasan tanpa rokok. Tapi kalau mau membuat kawasan juga harus menimbang nilai ekonomisnya. Jangan sampai pedagang dan pelaku usaha merasa dirugikan,” jelas dia.

Kepala Bapermas PP PA dan KB Kota Surakarta Widdi Srihanto menambahkan, pihaknya ikut memiliki peran dalam sosialisasi perda. Pasalnya, perda itu terkait langsung upaya pemerintah mencapai predikat kota layak anak. “Upaya terbaik melalui sosialisasi  berkelanjutan dan tepat sasaran. Salah satu cara efektif bisa melalui kampung bebas asap rokok di masyarakat,” tutur Widdi. (ves/bun)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia