Rabu, 16 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Ganjar Puji Tata Panggung Festival Ketoprak

16 September 2019, 15: 02: 17 WIB | editor : Perdana

JABAT TANGAN: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ditemani Edy Sulistyanto (kiri) saat hendak menyaksikan ketoprak pelajar di Aula SD Krista Gracia Klaten, kemarin.

JABAT TANGAN: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ditemani Edy Sulistyanto (kiri) saat hendak menyaksikan ketoprak pelajar di Aula SD Krista Gracia Klaten, kemarin. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN – Ada yang istimewa di hari terakhir Festival Ketoprak Pelajar (FKP) Piala Gubernur Jawa Tengah 2019 di Aula SD Krista Gracia Klaten, kemarin (15/9). Gubernur Ganjar Pranowo menyempatkan datang melihat perform para peserta di babak pamungka itu. Pada kesempatan ini, Ganjar memuji tata panggung yang digunakan dalam pementasan ketoprak.

Kepada Jawa Pos Radar Solo, Ganjar mengapresiasi penggunaan teknologi dalam pementasan ketoprak antarpelajar SMA dan SMK se-Jateng itu. Orang nomor satu di pemerintahan Jawa Tengah ini berharap, ke depannya para peserta bisa lebih mengeksplorasi seni peran.

“Kalau melihatnya, memang idenya jauh lebih bagus. Terutama penggunaan teknologi pada tata panggung. Kostum yang digunakan juga the best. Saya harap untuk seni perannya bisa ditambah,” ucap Ganjar.

Ganjar menilai gelaran FKP yang sudah berjalan 10 tahun membuat dirinya optimistis pada pertunjukan kesenian tradisional. Mengingat para pemainnya merupakan pelajar. Artinya, kesenian tradisional sudah dikenalkan sejak dini di Klaten. 

“Saya tidak memaksakan semua daerah harus sama seperti Klaten. Apalagi gelaran ketoprak ini sudah berjalan 10 tahun. Mungkin daerah lainya lebih ke wayang, pedalangan, atau musik. Sehingga nantinya Jawa Tengah memiliki beragam pertunjukan,” urainya.

Sementara itu, FKP kategori SMA/SMK tingkat Jateng memasuki tahun kedua. Tahun ini diikuti 24 SMA/SMK se-Jateng. Digelar 12-15 September. Ajang ini tak lepas dari peran Edy Sulistyanto, Owner Amigo Group yang dikenal peduli akan budaya Jawa. (ren/fer

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia