Minggu, 20 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Boyolali

Sebulan Dilantik, Kades Teter Dipecat, Korupsi Keuangan Desa

16 September 2019, 19: 19: 33 WIB | editor : Perdana

ilustrasi

ilustrasi

Share this      

BOYOLALI – Kepala Desa (Kades) Teter, Kecamatan Simo yang baru saja dilantik, Andy Yoeniawan diberhentikan oleh Bupati Boyolali Seno Samodro. Andy menjadi tersangka kasus korupsi keuangan desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dispermasdes Boyolali Purwanto mengatakan, sanksi tegas sudah diambil untuk kades nakal itu. Andy terbukti melelang secara pribadi tanah kas desa. Uang hasil lelang itu tak disetorkan ke pemerintah desa sehingga tidak tercatat dalam APBDes.

Putusan hukum tetap atau incracht memang belum ada. Namun, berdasarkan regulasi, pejabat yang terlibat masalah korupsi, narkoba, dan terorisme bisa dipecat. Itu meski ancaman hukumannya kurang dari lima tahun.

”Kalau kejahatan lain, pemecatan hanya bisa dilakukan jika ancaman hukumannya lebih dari lima tahun. Kalau ini (korupsi, narkoba, terorisme, Red), tidak. Bisa langsung dipecat,” kata Purwanto, Senin (16/9).

Bupati juga telah menunjuk sekertaris Kecamatan Simo sebagai penjabat (Pj) kades. Itu berlaku hingga ada kades definitif lagi.

Sebagai informasi, Andy Yoeniawan merupakan kades petahana yang kembali terpilih dan dilantik pada 12 Agustus lalu. Namun, belum genap sebulan menjabat, kades 36 tahun itu ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan desa.

Kerugian akibat korupsi yang dilakukannya senilai Rp 159 juta. Yaitu, dana hasil lelang tanah kas desa serta pajak yang tidak disetorkan. (wid/ria)

(rs/wid/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia