Rabu, 16 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Solo

PDAM Segera Kurangi Tekanan Air

17 September 2019, 10: 38: 51 WIB | editor : Perdana

PDAM Segera Kurangi Tekanan Air

SOLO – Sejumlah pelanggan Perumda Air Minum Toya Wening (PDAM) Surakarta bakal merasakan tekanan air melemah. Itu disebabkan proses pemindahan jaringan pipa di lokasi proyek Flyover Purwosari mulai digarap.

Direktur Teknik PDAM Surakarta Tri Atmojo mengatakan, pemindahan jaringan dilakukan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi (kawasan Purwosari) dari depan Hotel Armani Kerten hingga depan kantor PLN UPJ Surakarta.

"Pipa ini nanti dipotong dan disambung. Agar pekerjaan aman, kami akan kurangi tekanan air di jaringan pipa itu," jelasnya kemarin (16/9).

Mengingat ada pengurangan tekanan air, PDAM memastikan akan berdampak pada pelayanan pelanggan. Khususnya di sekitar jaringan pipa bersangkutan. Seperti sekolah, gedung perkantoran, dan lainnya. “Kami sudah sosialisasikan soal itu," kata Tri.

Pemotongan jaringan pipa PDAM dilakukan di enam titik berbeda. Butuh waktu sekitar dua jam untuk pemotongan di dua titik. Ditambah persiapan lainnya. Jadi total waktu yang dibutuhkan sekitar delapan jam pengerjaan. 

"Kami hanya mendampingi. Teknis pekerjaannya digarap pemerintah kota. Khususnya dalam hal penggalian dengan cara mengebor tanah hingga 2,5-10 meter,” ucapnya.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Surakarta Arif Nurhadi menerangkan, pemindahan jaringan pipa PDAM digarap dengan anggaran sekitar Rp 8,3 miliar. Kontrak kerja selama 90 hari. Terhitung mulai 9 September hingga 7 Desember.

“Setelah pemindahan jaringan pipa air PDAM rampung, baru Flyover Purwosari dikerjakan," pungkasnya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia