Kamis, 12 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Gugatan ke Polresta Kandas Lagi, soal Tabrak Lari Overpass Manahan

19 September 2019, 11: 40: 59 WIB | editor : Perdana

Aksi tabur bunga dan doa mengenang korban tabrak lari di Overpass Manahan beberapa waktu lalu

Aksi tabur bunga dan doa mengenang korban tabrak lari di Overpass Manahan beberapa waktu lalu (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Surakarta kembali menolak gugatan praperadilan kasus kecelakaan maut Overpass Manahan. Atas putusan tersebut, kasus ini tetap dalam proses penyelidikan kepolisian.

Hakim tunggal Supomo menolak eksepsi yang diajukan Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI). Hakim mempertanyakan legalitas penggugat. Sebab, penggugat tidak bisa membuktikan legalstanding LP3HI.

“Setelah ditimbang dan sesuai fakta persidangan, maka hakim menolak gugatan. Sebab, subjek dan objek pokok perkara sama dengan pokok perkara sebelumnya,” ujar Supomo.

Kuasa hukum LP3HI Sapto Dumadi Ragil Raharjo mengatakan, apapun keputusan hakim tetap akan diterima dengan lapang dada. Sebab, hakim menilai antara gugatan sebelumnya dan kali ini sama. “Hakim sendiri menggunakan asas nebis in indem,” katanya.

Disinggung soal wacana mengajukan gugatan kembali, Sapto mengatakan hal tersebut merupakan kebijakan dari LP3HI. “Kalau saya tidak bisa memastikan hal tersebut. Putusan ini nanti kita berikan pada klien kami agar menjadi bahan diskusi apa langkah yang diambil berikutnya,” tutur Sapto.

Kasubbaghukum Polresta Surakarta Iptu Rini Pangestuti juga menerima putusan dari majelis hakim. Kasus tabrak lari yang merenggut nyawa Retnoningtri, warga Selembaran, Keluraham/Kecamatan Serengan ini masih terus diselidiki pihak berwajib. “Kami mohon dukungan dari masyarakat saja,” katanya.

Disinggung wacana LP3HI akan kembali melayangkan gugatan, Rini mengatakan hal tersebut merupakan hak dari masyarakat. “Tentu kami akan mengikuti persidangan secara profesional dan memberikan data dan keterangan sesuai fakta,” papar Rini.

Sebelumnya, LP3HI kembali akan melayangkan gugatan dalam kasus ini. Tidak hanya kepolisian, namun Dinas Perhubungam Kota Surakarta juga akan digugat guna memperlihatkan rekaman CCTV kejadian tersebut di depan hakim. (atn/bun)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia