Rabu, 16 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

10 Terbaik Roket Air asal Solo Akan Berkompetisi di Jakarta

21 September 2019, 14: 43: 25 WIB | editor : Perdana

Ratusan pelajar SMP, SMA/SMK regional Surakarta rakit roket air kemarin

Ratusan pelajar SMP, SMA/SMK regional Surakarta rakit roket air kemarin (Septina Fadya Putri)

Share this      

SOLO – Kompetisi roket air regional Surakarta kembali diadakan di Solo Techno Park selama dua hari, 20-21 September. Sebanyak 500 peserta ambil bagian dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari SMP, SMA, dan SMK regional Surakarta dengan masing-masing sekolah mengirimkan maksimal sepuluh peserta.

“Tahun ini peserta SMA banyak yang berkurang, karena kegiatannya bersamaan dengan ujian tengah semester,” ujar ketua panitia kompetisi Okta kemarin.

Nantinya dipilih sepuluh peserta terbaik untuk mengikuti kompetisi roket air nasional (KRAN) di PP-IPTEK Jakarta, pekan depan. Sebelum kompetisi berlangsung hari ini, para peserta terlebih dahulu mengikuti workshop pembuatan roket.

“Peserta diajari tentang tekstur roket sampai sejarah pembuatan roket. Untuk peluncuran dan pengumuman juara, akan dilakukan besok (hari ini),” sambungnya.

Setiap peserta membuat satu roket dan diberikan kesempatan dua kali dalam peluncuran. Mekanisme penilaian dilihat dari jarak terdekat dengan bendera pusat sasaran. Semakin dekat roket, itulah yang dinilai.

Menurut Okta, kompetisi ini merupakan program pemkot sehingga gratis. Beragam peralatan seperti botol, plastisin, dan solatip sudah disediakan. Peserta hanya membawa alat bantu.

Salah seorang peserta kompetisi dari SMPN 27 Surakarta Hera mengaku antusias mengikuti event tersebut. “Semoga bisa menang. Kalau tidak menang ya dicoba lagi tahun depan,” pungkasnya. (mg1/mg2/aya/wa)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia