Rabu, 16 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Bikin Aplikasi yang Mudahkan Warga Akses Sanggar Seni

21 September 2019, 14: 48: 06 WIB | editor : Perdana

Solo jadi gudangnya sanggar seni, salah satunya seni tari

Solo jadi gudangnya sanggar seni, salah satunya seni tari (DAMIANUS BRAM/RADARSOLO)

Share this      

SOLO – Kota Bengawan merupakan gudangnya sanggar seni. Guna memudahkan pendataan dan akses informasi, Dinas Kebudayaan Kota Surakarta meluncurkan aplikasi yang diberi nama Jangkar Sangseni Surakarta.

Kegiatan tersebut digelar bersamaan Jambore Sanggar Seni Surakarta 2019 di Hotel Sala View yang diikuti 100 perwakilan sanggar, Jumat (20/9). “Pemerintah memfaslitasi sanggar seni terus berkembang dan melahirlan karya terbaik,” jelas Kepala Bidang Pelestarian Budaya Dinas Kebudayaan Kota Surakarta Is Purwaningsih.

Upaya tersebut di antaranya diwujudkan dengan me-launching aplikasi Jangkar Sangseni Sura. Melalui aplikasi ini masyarakat bisa mengetahui letak sanggar seni, lengkap dengan profil, serta prestasinya.

"Sementara ini masyarakat baru bisa mengakses melalui komputer dengan masuk ke Intip Solo kemudian klik layer Sanggar. Ke depan akan dikembangkan versi Android-nya," jelas Is.

Karena masih dalam tahap pemutakhiran data, hanya 51 sanggar seni yang terdaftar dalam Jangkar Sangseni Surakarta. Ketua Dewan Kesenian Solo (DKS) BRM Bambang Irawan mengapresiasi peluncuran aplikasi tersebut. "Pengembangan seni akan lebih baik jika yang terlibat langsung adalah para seniman lokal di wilayah tersebut," katanya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia