Jumat, 06 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Luncurkan GoUmroh Aplikasi, Hindari Perang Harga Antar Biro

25 September 2019, 08: 15: 59 WIB | editor : Perdana

DIPERMUDAH: Pesawat maskapai pelat merah rute Solo-Jeddah mendarat di Bandara Internasional Adi Soemarmo, belum lama ini. Biro umrah bikin aplikasi GoUmroh.

DIPERMUDAH: Pesawat maskapai pelat merah rute Solo-Jeddah mendarat di Bandara Internasional Adi Soemarmo, belum lama ini. Biro umrah bikin aplikasi GoUmroh. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Biro perjalanan umrah dan haji di Kota Solo dan sekitarnya bakal meluncurkan aplikasi GoUmroh. Aplikasi ini langkah awal para pelaku usaha biro umrah dalam menghadapi pengkembangan teknologi. Namun, pro dan kontra mengiringi aplikasi yang rencananya diluncurkan 27 September itu.

Aplikasi ini dikembangkan 35 biro perjalanan umrah dan haji yang tergabung dalam PT Jaringan Widata Bersama. Direktur Utama (Dirut) PT Jaringan Wisata Bersama Retno Anugerah Andriyani mengatakan, GoUmrah dapat diunduh melalui PlayStore. Dia menyebut Aplikasi ini mirip toko online. Para biro yang menjadi tenant bisa menampilkan konten paket umrah maupun haji yang dimiliki.

“Meski ini secara online, tetap ada pantauan. Sehingga ekosistem di dalamnya tetap nyaman. Jadi konten yang keluar benar-benar aman bagi jamaah maupun para biro. Misalnya soal harga yang harus sesuai ketentuan. Tidak bisa di bawah Rp 20 juta. Aplikasi ini memudahkan calon jamaah dalam memilih dan menimbang biro yang diinginkan,” ucap Andriyani, kemarin (24/9). 

Andriyani menambahkan, aplikasi dibuat atas kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang menerapkan digitalisasi pengurusan visa umrah. Sejauh ini, Kemeterian Komunikasi dan Informatika sudah melibatkan Traveloka maupun Tokopedia dalam bisnis umrah. 

“Ini jadi ancaman bagi sebagian besar pelaku bisnis perjalanan umrah dan haji. Diharapkan adanya marketplace lokal ini (GoUmroh) mampu menggeser marketplace yang nantinya akan masuk ke Kota Solo,” tandas Andriyani. 

Ketua Persaudaraan Pengusaha Travel Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi) Solo Her Suprabu menyambut positif peluncuran GoUmrah. Marketplace ini akan memudahkan jamaah dalam memilih biro. Selain itu, tenant yang mau masuk sudah melalui tahapan seleksi. Sehingga tidak ada perang harga.

“Kami harus kenalkan aplikasi ini segera. Agar masyarakat mengenal dan notice. Kalau mau berangkat umrah lewat Solo tinggal klik GoUmroh. Aman dan nyaman. Tak mungkin tertipu,” ungkapnya. (gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia