Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Partisipasi Pemilih Pilkades Lesu, karena Coblosan saat Hari Kerja

27 September 2019, 14: 18: 49 WIB | editor : Perdana

DEMOKRATIS: Warga menggunakan hak pilihnya pada Pilkades Serentak tahap III 2019, Rabu (25/9).

DEMOKRATIS: Warga menggunakan hak pilihnya pada Pilkades Serentak tahap III 2019, Rabu (25/9). (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

Share this      

WONOGIRI – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap III 2019 berlangsung aman dan lancar. Tapi sayangnya, tingkat partisipasi pemilih tidak menggembirakan. Kurang dari 80 persen.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Semedi Budi Wibowo melalui

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Zyqma Idatya Fitha menuturkan, daftar pemilih tetap (DPT) pilkades sebanyak 533.807. Hadir dalam pemilihan 357.817, sedangkan 175.990 pemilih  tidak hadir.

“Partisipasi pemilih 67 persen. Ditargetkan sekitar 78 persen sampai 80 persen,” katanya. Menurut Fitha, ada beberapa faktor yang memengaruhi tingkat partisipasi pemilih. Yakni waktu coblosan dilakukan pada hari kerja, serta adanya larangan memobilisasi massa baik oleh panitia maupun calon kepala desa.

“Sebenarnya sudah ada edaran dari sekda (agar masyarakat mencoblos pilkades), tapi tidak langsung ke perusahaan, lewat OPD (organisasi perangkat daerah) yang membidangi. Lalu terkait mobilisasi massa sudah tidak boleh, kalau dulu yang jauh-jauh lokasinya dengan TPS boleh dijemput, sekarang tidak boleh," beber dia.

Sementara itu, pilkades serentak kali ini diikuti 462 calon kepala desa. Dari jumlah tersebut terdapat 168 calon petahana. Mereka menang di 104 desa, dan yang kalah terdapat di 64 desa. Sedangkan cakades wajah baru unggul di 82 desa. 

Terpisah, Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa mengimbau seluruh kepala desa terpilih secepatnya bisa merangkul seluruh warganya. Itu guna menjaga kondusivitas desa sekaligus menghilangkan sekat antarpendukung.

"Baik yang memilih (cakades bersangkutan) atau yang tidak harus dirangkul sumua. Sudah waktunya bersama-sama membangun desa," tandas dia. (kwl/wa)

(rs/kwl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia