Selasa, 10 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Cabai Masih Dominan Sumbang Inflasi

28 September 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Perdana

Cabai Masih Dominan Sumbang Inflasi

SOLO - Bank Indonesia memprediksi komoditas cabai masih menjadi penyumbang inflasi di September. Meski begitu, Bank Indonesia tetap berharap September ini tetap stabil dengan inflasi bulan sebelumnya. 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo Bambang Pramono mengatakan, meski nanti komoditas cabai masih menjadi penyeimbang inflasi diharapkan tidak terlalu tinggi. Koordinasi terus dilakukan Bank Indonesia, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Solo, dan stakeholder terkait mendapatkan respons cukup baik. Pedagang pasar terus memahami dengan tidak mengambil untung banyak agar masyarakat tidak merasa kesusahan. 

“Cabai ini kan selalu dibutuhkan dan digunakan. Apalagi hampir semua masakan di Solo ini menggunakan cabai. Jadi harganya sangat memengaruhi inflasi. Kemungkinan komoditas lain yang akan menyumbang inflasi kecil,” jelas Bambang, kemarin (27/9). 

Pihaknya terus mendorong masyarakat membuat cabai olahan yang masa penggunaannya bisa tahan lama. Seperti cabai pasta, cabai kering, atau bubuk cabai. Dengan cabai olahan rasa tidak akan berubah. Jika terjadi permasalahan seperti musim kemarau atau gangguan panen bisa menggunakan produk cabai olahan tersebut.

 Terkait upaya tanam cabai, Bambang masih melakukan beberapa evaluasi untuk melihat daerah mana yang bisa dikembangkan. Tak hanya cabai, pihaknya juga akan membuat produk olahan untuk bawang juga ke depannya. 

Sementara itu, Bank Indonesia memberikan beasiswa pendidikan tinggi kepada salah satu universitas di Solo. Beasiswa ini merupakan upaya Bank Indonesia memberi perhatian kepada mahasiswa berprestasi, namun secara ekonomi kurang mampu. Dengan beasiswa itu, diharapkan bisa membantu biaya kuliah para mahasiswa maupun biaya penunjang lainnya, misa membeli buku atau peralatan kuliah lainnya.

“Beasiswa diberikan selama dua semester atau setahun. Kemudian akan ditinjau ulang. Bagi mahasiswa yang lolos dan mendapatkan beasiswa dari BI tidak hanya menerima dana yang jumlahnya cukup, tapi juga pendidikan karakter, kepemimpinan, dan manajerial. Serta dilibatkan dalam sejumlah kegiatan yang kami gelar,” ujarnya. (gis/bun)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia