Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Pemerintah Klaten Serius Perhatikan Kesejahteraan Petani

30 September 2019, 15: 11: 12 WIB | editor : Perdana

Bupati Klaten Sri Mulyani memanen padi bersama petani dan jajaran OPD terkait

Bupati Klaten Sri Mulyani memanen padi bersama petani dan jajaran OPD terkait

Share this      

KLATEN - Pertanian merupakan sektor yang diandalkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Klaten. Untuk mencapai tujuan tersebut, pemerintah harus memiliki program yang mendukung bidang pertanian. Upaya tersebut sudah disiapkan pemerintah, khususnya Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten.

Pada peringatan Hari Tani beberapa waktu lalu, Bupati Klaten Sri Mulyani melakukan dialog dengan petani  di Gedung RSPD Klaten. Pada kesempatan tersebut, petani menyampaikan persoalan yang dihadapi dalam mengelola lahan. Mulai dari kebutuhan pupuk, kesulitan air saat menanam, hingga harga jual hasil pertanian yang murah.

Bupati Klaten Sri Mulyani mendengarkan dengan sabar, apa yang menjadi persoalan petani. Melalui dialog yang dilakukan, pemerintah mengetahui masalah yang dihadapi petani. Sehingga pemerintah bisa memberikan solusi agar petani tidak bingung.

“Untuk mengatasi masalah kesulitan air, pemerintah membangunkan jaringan irigasi. Kemudian untuk persoalan pupuk, kami juga sering berkoordinasi dengan perusahaan yang memproduksi pupuk petani. Pemerintah juga melakukan inovasi tentang produk pertanian agar hasilnya lebih berkualitas. Sehingga jika dijual, harganya lebih mahal,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk hasil pertanian, Klaten terkenal dengan padi rojolele. Pemerintah saat ini terus mengembangkan padi tersebut agar semakin berkualitas. Sehingga permintaan terus bertambah. 

“Jika ini terjadi, maka produk padi yang dihasilkan petani meningkat. Sehingga petani tidak kesulitan untuk menjual padi. Saya juga optimistis petani lain seperti sayur dan palawija juga terus berkembang,” imbuhnya.

Dalam pertemuan dengan petani Klaten, tersebut Sri Mulyani secara simbolis menyerahkan bantuan. Dia meminta agar bantuan tersebut dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Sehingga dapat memajukan bidang pertanian. (ren/oh)

(rs/ren/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia