Jumat, 06 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Angkat Permainan Tradisional, Biar Anak Tak Kecanduan Gadget

30 September 2019, 19: 02: 06 WIB | editor : Perdana

MoCC dan Klinik Tumbuh Kembang RS Dr. Oen Solo Baru mengajak anak-anak dan orang tua untuk kembali menjajal permainan tradisional

MoCC dan Klinik Tumbuh Kembang RS Dr. Oen Solo Baru mengajak anak-anak dan orang tua untuk kembali menjajal permainan tradisional

Share this      

SOLO - Kemajuan teknologi  telah menggeser keberadaan permainan tradisional yang dalam beberapa dekade lalu menjadi ajang interaksi dan sosialisasi kehidupan anak. Hadirnya gadget menjadi salah satu pemicu ditinggalkannya permainan tradisional.

Anak-anak cenderung bersikap individualis, egois, dan tidak memiliki rasa empati pada lingkungan sekitar. Di sinilah peran orang tua sangat penting dalam memantau proses tumbuh kembang buah hati.

Selain itu, peran dan perhatian pihak-pihak lain juga dibutuhkan guna mendukung edukasi yang baik bagi anak-anak. Misalnya Mom and Child Club (MoCC) dan Klinik Tumbuh Kembang RS Dr. Oen Solo Baru yang berupaya mengenalkan kembali berbagai permainan tradisional. Yakni melalui Festival Mainan Anak Tradisional yang diselenggarakan di playground RS setempat, Minggu (29/9).

Acara yang diikuti orang tua dan anak ini berlangsung sangat seru. Anak-anak diajak menjajal berbagai permainan tradisional. Seperti congklak, bola bekel, gobak sodor, ular naga, dan engklek. 

Kemudian, orang tua mengikuti talkshow seputar tumbuh kembang dan kesehatan anak. Talkshow Sesi pertama dibawakan Fabiola A. Najoan, psikolog RS Dr. Oen Solo Baru mengenai tumbuh kembang anak. 

”Bermain berperan penting bagi perkembangan anak. Di antaranya dapat membantu anak berekspresi, membangun kedekatan antara orang tua dan anak, modalitas strategi belajar, stimulasi kreativitas, penanaman moral, membangun kedekatan antara orang tua dan anak, serta penyaluran energi emosi,” ujar Fabiola.

Sesi kedua mengenai demam pada anak di bawakan dr Pendi Handoko. Dokter spesialis anak RS Dr. Oen Solo Baru itu menjelaskan penyebab demam pada anak dan cara penanganan yang tepat, baik secara fisik maupun farmakologis (obat). 

MoCC  RS Dr. Oen Solo Baru terus berkomitmen menjadi klub yang selalu mengerti kebutuhan anggota dan masyarakat  tentang kesehatan. Khususnya berbagai hal yang berkaitan dengan ibu dan buah hati serta untuk mendukung program one stop service ibu hamil. (rls/ndi/ria)

(rs/ria/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia