Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Tahap Pertama Dana Pilkada Cair

02 Oktober 2019, 13: 37: 08 WIB | editor : Perdana

Tahap Pertama Dana Pilkada Cair

SUKOHARJO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo mendapat dana hibah tahap pertama pemilihan kepala daerah Pilkada 2020 senilai Rp 100,7 juta. Dana tersebut dicairkan setelah penandatangan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) antara pemkab dan KPU Sukoharjo, Selasa (1/10).

KPU Sukoharjo bakal dua kali mendapatkan dana hibah. Selain Rp 100,7 juta, pada tahap kedua digelontorkan Rp  21,2 miliar. Asisten 3 Sekretaris Daerah Eko Adji Arianto mengatakan, pemberian NPHD sesuai Permendagri Nomor 9/2005 tentang Pedoman Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Pilkada. Kepala Daerah berkewajiban membantu kelancaran pilkada dengan pemberian dukungan untuk pengalokasian anggaran daerah.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda memastikan penggunaan dana miliaran rupiah tersebut sesuai undang-undang. Yakni membiayai keseluruhan tahapan Pilkada. "Saat ini kita sudah memasuki tahapan (pilkada), salah satunya lomba jinggle dan maskot pilkada. Setelah itu, kita koordinasikan ke masyaratkat terkait jadwal dan tahapan yang sudah kita plenokan,” jelasnya.

Berbeda dengan KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharo bakal menerina dana hibah tahun depan. Meskipun belum cair, Bawaslu tetap melakukan kegiatan rekrutmen dan pelantikan panitia pengawas kecamatan (panwascam) Desember mendatang. (rgl/wa)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia