Jumat, 06 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Karanganyar

TP4D Karanganyar Hanya Dampingi 8 Proyek

03 Oktober 2019, 16: 19: 20 WIB | editor : Perdana

DALAM PENGAWASAN: Salah satu proyek pembangunan dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar.

DALAM PENGAWASAN: Salah satu proyek pembangunan dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Share this      

KARANGANYAR – Minat instansi Pemerintahan Kabupaten Karanganyar untuk meminta pendampingan ke Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) masih sangat rendah. Terbukti dari 89 paket proyek pemkab bersumber APBD 2019, TP4D baru mendampingi delapan proyek.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karanganyar Suhartoyo mengungkapkan, pihaknya sengaja tidak melakukan pendampingan terhadap sejumlah proyek lantaran, beberapa proyek tidak termasuk proyek strategis negara. Selain itu waktu pengerjaannya juga singkat.

”Beliau pak bupati juga belum melihat mana saja proyek yang rawan. Dan pendampingan itu lebih pada untuk mengantisipasi adanya gangguan dari pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata kajari.

Apakah pendampingan tersebut harus mendapatkan rekomendasi dari bupati? Suharyoto mengaku hal tersebut tidak diwajibkan. Lantaran pihaknya menelaah terlebih dahulu setiap pengajuan.

”Tidak perlu, tapi kami akan tanya kenapa pengguna anggran itu mengusulkan untuk pendampingan,” jelasnya.

Ketua TP4D Kabupaten Karanganyar Subagio Gigih mengatakan delapan proyek yang saat ini mendapatkan pendampingan dari TP4D yakni empat proyek dari Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruangn (DPUPR), satu proyek Kementerian Agama, satu proyek Baperlitbang, satu proyek Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, dan satu proyek Dinas Perhubungan, Pemukiman, Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

”Beberapa yang belum kita dampingi, karena sejumlah proyek itu kita khawatirkan dalam pelaksanaannya tidak bisa maksimal karena penghitungan waktu,” terang Subagio. (rud/adi)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia