Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

Penasaran Smart SIM? Warga Sukoharjo Bisa Tukar SIM Lama di Satlantas

03 Oktober 2019, 20: 18: 05 WIB | editor : Perdana

Baur SIM Satlantas Polres Sukoharjo Aiptu Joko Priyanto menunjukkan bentuk Smart SIM

Baur SIM Satlantas Polres Sukoharjo Aiptu Joko Priyanto menunjukkan bentuk Smart SIM (RAGIL LISTYO/RADAR SOLO)

Share this      

SUKOHARJO – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi mengeluarkan Smart surat izin mengemudi (SIM). Warga Kota Jamu yang merasa penasaran dan ingin memiliki Smart SIM ini sudah bisa datang ke Satlantas Polres Sukoharjo. 

Saat ini, Satlantas Polres Sukoharjo mulai dibanjiri masyarakat yang ingin menukarkan SIM lama mereka dengan Smart SIM. Setidaknya dalam sehari saja ada sekitar 400 orang yang datang untuk Smart SIM

Baur SIM Satlantas Polres Sukoharjo Aiptu Joko Priyanto mengatakan, pihaknya memperoleh jatah 8 ribu blangko Smart SIM yang akan dibagikan secara bertahap. 

”Sementara ini kami menyediakan 8 ribu blangko yang dibagikan secara bertahap. Masyarakat bisa menukarkan dari pukul 08.00 sampai pukul 11.00,” kata Joko kepada Radar Solo Jawa Pos, Kamis (3/10).

Pembatasan waktu pengambilan tersebut dilakukan guna mengantisipasi kepadatan antrean dan pemeliharaan mesin SIM. ”Untuk yang memperpanjang SIM maupun membuat SIM baru, akan langsung kami berikan,” ucap Joko.

Dijelaskan Joko, Smart SIM memiliki beberapa keunggulan. Smart SIM bisa diisi saldo maksimal hingga Rp 2 juta. Sehingga bisa difungsikan sebagai uang elektronik untuk pembayaran e-tilang, parkir, e-tol, dan lainnya. Serta adanya chip yang akan mencatat pelanggaran yang dilakukan pemilik SIM.

Salah seorang warga yang ditemui di kantor satlantas Hutama Putra mengatakan, dia telah mengantre sejak pukul 08.00. Putra telah membuat SIM sejak Juli lalu. Karena material SIM habis, Putra diberi surat keterangan (suket) sebagai pengganti SIM sementara. Pagi tadi, dia ingin menukarkan suket itu dengan Smart SIM. (rgl/ria)

(rs/rgl/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia