Selasa, 10 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Citywalk Purwosari Harus Steril PKL, Selama Pemindahan Pipa PDAM

04 Oktober 2019, 17: 18: 01 WIB | editor : Perdana

Material pipa yang akan digunakan untuk menyambung jaringan pipa PDAM di Purwosari

Material pipa yang akan digunakan untuk menyambung jaringan pipa PDAM di Purwosari (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pemindahan jaringan pipa PDAM Surakarta untuk mendukung proyek Flyover Purwosari memasuk tahap pengeboran. Karena itu, para pedagang kali lima (PKL) yang mangkal di citywalk setempat, baik siang maupun malam diminta libur.

Dinas Perdagangan (Disdag) Surakarta telah menerbitkan surat edaran (SE) terkait kebijakan tersebut. "(SE) sudah kita sebarkan ke pedagang Senin (30/9).  Tidak ada lagi pedagang yang boleh berjualan di citywalk,” terang Kabid PKL Dinas Perdagangan (Disdag) Surakarta Didik Anggono, kemarin (3/10).

Berapa lama PKL diminta libur? Didik memperkirakan sekitar satu bulan, atau menyesuaikan proyek hingga rampung. "Sebelum ada surat edaran ini kita sudah sosialisasi ke pedagang. Kami sertakan alasan PKL tutup berjualan sementara supaya bisa ikut memahami kondisi sebenarnya," urainya.

Soal jumlah PKL yang terdampak proyek, Didik mengaku tidak bisa merinci secara setail. Namun, selama ini, PKL lebih banyak berjualan malam hari dibandingkan siang.

Konsultan pengawas proyek pemindahan jaringan pipa PDAM di Purwosari Sutardi mengatakan, pengeboran telah dilakukan di segmen 1 dan 3. Segmen 1 berada di depan SMA Batik I Surakarta dan mendekati palang kereta api (KA) Purwosari, sedangkan segmen 3 di kawasan citywalk Purwosari. 

"Alat beratnya sudah mulai ngebor, mulai memasukkan pipa jaringan," ucap dia. Pengeboran sudah menembus jaringan pipa yang dituju. Tahap selanjutnya, memasukkan pipa-pipa baru guna dilakukan penyambungan pada segmen tersebut. 

"(Pengeboran) segmen 1 akhir minggu ini selesai. Segmen 3 harus menyesuaikan sedikit. Karena kalau siang di lokasi tersebut dijadikan tempat parkir dan sorenya ada PKL,” tutur dia. 

Sebab itu, Disdag melakukan sterilisasi PKL di citywalk Purwosari karena pemindahaan jaringan pipa PDAM di Purwosari harus rampung 7 Desember mendatang.

"Sejauh ini belum ada kendala. Paling butuh koordinasi lanjutan waktu pemasangan pipa di segmen 2 karena posisinya melintang di sekitar rel KA," kata dia. (atn/wa) 

(rs/atn/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia